PSIKOLOGI BERBAGI: BACK TO THE FUTURE I

Diposkan oleh Label: di


Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Kegiatan Psikologi Berbagi merupakan ajang bagi para dosen  Fakultas Psikologi UP45 untuk membagi ilmu dalam karya nyata di tengah masyarakat. Acara Psikologi Berbagi dengan mengangkat tema “Pelatihan Pada Guru-guru Taman Kanak-kanak Di Yogyakarta”, untuk pertama kalinya dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Nopember 2015, pukul 08.00-11.00 di Ruang WR III, Gedung A, Lanta II, Universitas Proklamasi 45. Peserta yang hadir yaitu 20 orang guru TK Khalifah se- Jogjakarta. Bapak Drs. Jemadi, M.M., selaku Ketua LPPM UP45 dalam kata sambutannya menyatakan bahwa salah satu tugas Tri Dharma bagi para dosen adalah pengabdian masyarakat. ”Semoga melalui acara ini mampu semakin mendorong para dosen untuk lebih aktif dan kreatif dalam pengabdiannya”, demikian dijelaskan oleh Bapak Jemadi.


Dr. Arundati Shinta, S.Psi.,M.A., selaku narasumber pada pelatihan ini menjelaskan tentang penerimaan diri dan motivasi kerja pada Guru TK. “Setiap guru tentunya berharap mendapatkan fasilitas yang lengkap dan modern untuk mendukung dalam melaksanakan tugasnya. Menjadi sebuah permasalahan ketika pada kenyataannya tidak seperti apa yang diharapkan. Maka dibutuhkan penerimaan diri selanjutnya mampu memotivasi diri untuk terus meraih prestasi”, demikian kutipan singkat penjelasan Ibu Shinta. Penerimaan diri itu dapat lebih mudah tercapai ketika kita bisa memahami segala sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan. Strategi penerimaan diri itu disajikan melalui game psikologi Back To The Future (Schmidt & Sujansky, 1999).


Semangat peserta ditunjukkan dengan aktif bertanya dan mengemukakan pendapat pada forum diskusi dalam mengikuti pelatihan. Para peserta menyatakan lebih termotivasi dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru TK dengan berbagai tanggung jawab, permasalahan dan kondisi yang ada. “Meskipun terasa berat tapi saya akan mencoba untuk mengembangkan potensi saya agar mampu menjadi seorang guru TK yang baik”, demikian ungkap Tri, salah seorang peserta. Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA., menyatakan bahwa pelatihan bagi para guru akan terus diupayakan agar tetap dapat dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi UP45 secara berkala dengan tema-tema yang berbeda.

Daftar Pustaka

Schmidt, S. A. & Sujansky, J. G. (1999). Training games for managing change. New York: McGraw-Hill
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top