PSIKOLOGI BERBAGI KE-9:

Diposkan oleh Label: di


MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA UP45


FX. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Univesitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dengan bersemangat mencaritakan keinginannya untuk dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Adanya kendala yang merisaukan antara lain yaitu tidak adanya biaya, kurangnya kemampuan berbahasa Inggris dan kurangnya informasi yang mendukung dalam mewujudkan keinginan mereka. Demikian gambaran dari sesi sharing yang terjadi dalam acara Psikologi Berbagi dengan mengangkat tema  Motivasi Berprestasi di ruang Lab. Bahasa, Universitas Proklamasi 45 pada hari Sabtu, 23 April 2016.

Sebuah kesuksean baru dalam acara Psikologi Berbagi kali ini karena telah dilakukan di Fakultas Psikologi UP45 selama 9 seri. Sangat tidak mudah penyelenggaraannya, namun akhirnya acara dapat berlangsung dengan meriah. Acara ini dibuka oleh Ibu  Dewi Handayani H, S.Psi., M.Psi., selaku Wakil Rektor II UP 45 Yogyakarta. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara, meskipun pada saat itu ujian tengah semsater tengah berlangsung. peserta datang dari berbagai fakultas yaitu Teknik Perminyakan dan Mesin, Ekonomi, Hukum, Fisipol, serta Psikologi. Adanya perwakilan mahasiswa dari masing-masing fakultas menunjukan bahwa pada umumnya mahasiswaUP45 memiliki keinginan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri.


Arni Dewi Boronnia, S.T., sebagai narasumber dalam acara yang dikemas dalam bentuk talk show mampu memberikan pencerahan. Ia mampu menjawab setiap kekhawatiran yang dirasakan oleh mahasiswa dalam usaha mewujudkan keinginan untuk dapat menuntut ilmu ke luar negeri. Besarnya biaya yang dibutuhkan dapat diatasi dengan memanfaatkan banyaknya beasiswa yang ada. Mahasiswa dituntut lebih aktif dalam mencari informasi yang saat ini dipermudah dengan canggihnya layanan di internet. “Kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu syarat penting agar dapat menuntut ilmu ke luar negeri namun bukanlah hal utama. Hal utama yang sangat mendukung dalam mewujudkan keinginan menuntut ilmu ke luar negeri adalah besarnya niat”, demikian diungkapkan oleh Arundati Shinta.


Sesi di akhir acara talk show yaitu dibagikannya doorprize bagi peserta yang mampu bercerita selama 5 menit dengan menggunakan bahasa Inggris. Mahasiswa yang beruntung yaitu   Sulfi Amalia dari Fakultas Hukum dan Susanti dari Fakultas Psikologi. Wahyu Widiantoro dalam menutup acara memberikan simpulan bahwa Universitas Proklamasi 45 memberikan dukungan berupa beragam fasilitas bagi setiap mahasiswa untuk mewujudkan cita-citanya termasuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Setiap mahasiswa diharapkan mengoptimalkan kemampuan dengan penuh keyakinan dan percaya diri.


Siapa saja seksi sibuk kegiatan bergengsi ini? Seksi sibuk itu meliputi koordinator konsumsi, koordinator pendaftaran, dan koordinator sertifikat kegiatan. Tiga koordinator itu dikelola oleh tiga sahabat yaitu Sri Mulyani, Tri Welas Asih dan Wahyu Relisa. Ketiganya adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UP45, dan ketiganya terkenal berprestasi di kalangan teman-temannya. Sangat senang rasanya mempunyai mahasiswa keren seperti mereka bertiga.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top