Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

FILM TENTANG KEGIATAN DI PRODI PSIKOLOGI UP45:



KEGIATAN LITERASI PSIKOLOGI PADA MAHASISWA DI UP45
YOGYAKARTA

Fx. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Acara yang mengangkat tema menggali keterampilan literasi psikologi pada mahasiswa melalui kegiatan kliping merupakan upaya kreatif yang diadakan oleh Program Studi Psikologi UP45. Tema kegiatan berdasarkan keprihatinan atas rendahnya minat baca yang terjadi pada mahasiswa di UP45 serta masyarakat secara luas. Kegiatan diikuti oleh perwakilan setiap angkatan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dan terlaksana pada hari Minggu, 4 September 2016.


Kegiatan diawali dengan pemberian informasi tentang tujuan diadakannya acara yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa dengan cara yang mudah, murah, dan berdampak luas. Mahasiswa selanjutnya diajak membuat kliping dari surat kabar  Adapun tahapan kegiatan yaitu mahasiswa memilih artikel atau berita pada koran, menggunting artikel tersebut, menempelkan pada kertas daur ulang.  Mahasiswa meringkas, menyusun resensi serta menuliskan sumber informasi asli. Kliping ditempelkan pada majalah dinding, dan resensi dipublikasikan di majalah blogsite Moveon.


Semangat peserta dalam mengikuti kegiatan pada acara ditunjukkan dengan keaktifan dalam mengikuti setiap instruksi yang diberikan. Mahasiswa diajak mampu membaca secara cepat, meringkas, dan memberi rekomendasi berdasarkan pengetahuan psikologi. Berdasarkan hasil bacaan tersebut mahasiswa diarahkan untuk menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan. Tema tulisan yaitu untuk memberi inspirasi kepada masyarakat luas untuk perbaikan lingkungan, hal-hal kreatif dan inovatif, serta menyelesaikan berbagai masalah.


Harapan setelah pelaksanaan acara menggali kemampuan literasi melalui kegiatan kliping yaitu mahasiswa dan dosen UP45 memahami akan pentingnya penerapan literasi dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan kliping mampu memotivasi mahasiswa berperilaku tekun dan kreatif. Mahasiswa terus menerus dari berbagai angkatan mampu mengelola majalah dinding yang berada di UP45 dan memperkenalkan kegiatan kliping pada mahasiswa fakultas lainnya.


Literasi psikologi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan ilmu psikologi untuk menjawab persoalan-persoalan baik personal, profesional, maupun masyarakat agar persoalan dalam masyarakat dapat dicegah. Kegiatan kliping merupakan upaya untuk mendorong mahasiswa  agar mengembangkan kemampuan dalam mencermati masalah yang aktual, mencari alternatif solusi beserta konsekuensinya sehingga mahasiswa mampu menjadi warga dunia yang bertanggung jawab (global citizenship). Demikian dijelaskan oleh Arundati Shinta selaku narasumber dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan literasi psikologi ini adalah kegiatan untuk mendukung program inovatif dari Prodi Psikologi UP45. Kegiatan ini juga ditampilkan dalam bentuk film. Adapun alamat film yang sudah dipublikasikan di youtube adalah


Acara kegiatan literasi psikologi ini dapat berlangsung lancar, karena sutradaranya telah bekerja keras menata gerakan dan gaya para pemeran. Sutradaranya adalah Fx. Wahyu Widiantoro, dan petugas pengambilan gambar adalah Yazid. Yazid adalah mahasiswa cemerlang dari Fakultas Psikologi UP45 dan kebetulan ia piawai dalam bidang film. Yazid juga pintar menulis berbagai artikel dan telah diterbitkan di koran lokal Kedaulatan Rakyat. Mahasiswa yang terlibat dalam pembatan film inia dalah WahyuRelisa Ningrum, Manik Mojo, Tri Jumiati, Nurul Hidayah, Fiki Fatimah, Santi, Shofi, Jati, dan Fadli. Pembuatan film ini juga berguna untuk promosi bagi Prodi Psikologi UP45. Semoga kegiatan semacam ini akan banyak berlangsung di UP45.

Post a Comment

0 Comments