MENUMBUH KEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MENGGAMBAR GUNUNG

Diposkan oleh Label: di


IMPLEMENTASI KERJASAMA DENGAN TK KAMULAN MINGGU KE-3 PERIODE II

Fx. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Kreativitas diartikan sebagai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah. Kemampuan berpikir kreatif sangat penting ditumbuhkembangkan pada anak sejak masa prasekolah yaitu waktu peralihan antara masa bayi dan masa anak sekolah. Seperti halnya kegiatan pendampingan menggambar dengan objek Gunung yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi di TK Kamulan pada 18 Oktober 2016.

Proses kreativitas meliputi berbagai aspek, seperti persepsi, ingatan, pikiran, simbol, penalaran, dan pemecahan masalah. Pentingnya mengemnbangkan pada anak, antara lain agar anak mampu mengembangkan daya persepsinya berdasarkan apa yang dilihat, di dengar dan dirasakan, sehingga anak akan memiliki pemahaman yang utuh dan komprehensif, mampu melatih ingatannya terhadap semua peristiwa dan kejadian yang pernah dialaminya serta mampu memecahkan persoalan hidup yang dihadapinya. Pada akhirnya anak akan menjadi individu yang mampu menolong dirinya sendiri (Susanto, 2012).


Terdapat banyak faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kreativitas anak selain pola asuh orang tua, misalnya bakat minat anak, faktor lingkungan tempat tinggal anak baik dirumah maupun dalam lingkungan pergaulan anak tersebut dan faktor kebebasan berkreasi bagi anak.

Gambar gunung yang dibuat oleh anak pada umumnya menggunakan pola yang sama, antara lain yaitu terdapat dua gunung dengan satu matahari di tengah, warna gunung hijau atau biru. Pada pendampingan kali ini anak dibebaskan serta didorong untuk menggambar gunung dengan pola yang berbeda. Hasil gambar pun pada akhirnya beragam, seperti matahari digambar lebih dari satu. Warna gunung beragam bahkan seperti pelangi. Banyak penambahan objek gambar lain seperti mobil, pesawat terbang rumah, orang, kucing dan sebagainya.

Pendampingan menggambar yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi dengan melibatkan mahasiswa diawali dengan perkenalan diri. Masing-masing mahasiswa mengajak anak-anak bernyanyi bersama dengan disertai gerakan-gerakan yang menarik bagi anak-anak. Alat yang digunakan yaitu kertas gambar dan alat pewarna. Mahasiswa selanjutnya mendampingi anak-anak satu persatu untuk menggambar dengan stimulus objek gunung.


Pelaksanaan pendampingan menggambar di TK Kamulan menjadi kegiatan pengembangan kreativitas bagi anak-anak serta pembelajaran bagi Mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dibangku kuliah. Diharapkan mahasiswa lebih mampu memahami jenis-jenis pola asuh yang diterapkan dan memilih dengan bijak pola asuh yang tepat dalam upaya mengasuh anak sehingga kreativitas anak dapat berkembang sacara optimal dan tidak hanya mengedepankan perkembangan prestasi akademik anak.

Tulisan ini adalah laporan kegiatan pelayanan dosen Fakultas Psikologi Univesitas Proklamasi 45 Yogyakarta dengan TK Kamulan Yogyakarta. Kegiatan ini berlansung pada 18 Oktober 2016, atau merupakan kerjasama tahap II, minggu ke-3. Topik kali ini adalah menggambar gunung dengan cara kreatif. Punggawa kali ini adalah Fx. Wahyu Widiantoro, dosen paling keren di Psikologi UP45, dan tiga mahasiswa keren yaitu Manik, Ahmad, Inda, dan Tri Jumiati. Semoga kerjasama harmonis ini terus berlangsung.



Referensi:

Susanto, (2012). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada.

1 comment:

Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top