SERTIFIKASI INTERNASIONAL DALAM BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PARA SARJANA

Diposkan oleh Label: di


SARJANA UP45 GOES INTERNATIONAL


Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Tantangan dan kompetisi pada era global sekarang ini sudah sangat ketat. Apabila para sarjana tidak peduli untuk selalu memperbaiki diri, maka jelas mereka akan tertinggal di belakang. Hal ini karena semua orang di dunia berlomba-lomba untuk mengubah diri, kreatif dan inovatif. Pesaingnya adalah para sarjana di seluruh dunia. Syarat untuk mengubah diri adalah mempunyai pikiran terbuka.

Salah satu bidang yang paling mencolok kecepatan laju perkembangannya adalah teknologi informasi. Setiap detik telah ditemukan berbagai aplikasi informasi canggih untuk memudahkan kehidupan manusia, oleh para pakar teknologi informasi seluruh dunia. Apabila para sarjana masa kini tidak menguasai teknologi informasi paling dasar, maka mereka jelas hanya akan bisa berdiri di belakang saja. Ijasah dan ketrampilan ilmunya tidak akan dilirik orang.


Bagaimana cara untuk bisa berdiri di depan dalam bidang teknologi informasi? Satu-satunya cara adalah dengan mendapatkan sertifikasi dalam bidang teknologi informasi. Di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, para calon sarjana wajib mendapatkan sertifikat tersebut. Sertifikasi itu diperoleh dengan cara seseorang mengikuti serangkaian kursus untuk menguasai berbagai perangkat lunak Microsoft, selama 10 jam. Setelah itu, para calon sarjana itu akan menjalani serangkaian ujian selama 2 jam. Ujian tersebut sudah distandarisasi secara internasional. Kegiatan sertifikasi bagi para calon sarjana Universitas Proklamasi 45 ini tertuang dalam SK Rektor No. 94/SK.Rek/UP/X/2016 tentang Accelerated Competency & Certification Program Microsoft Office. Berbekal sertifikat bergengsi ini diharapkan para sarjana Universitas Proklamasi 45 mampu bersaing dengan para sarjana dari univesitas lainnya di seluurh dunia.

Bagaimana asal mula Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mampu mengelola sertifikasi teknologi informasi tersebut? Hal ini karena manajemen Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta telah menjalin kerjasama dengan Trust Academic Solutions (CV Trust System Indonesia) di Surabaya pada Juli 2016. Kerjasama ini berlangsung hingga Juli 2021. Berdasarkan kerjasama ini, maka salah satu tenaga kependidikan dari Universitas Proklamasi 45 harus mendapatkan sertifikat dalam bidang teknologi informasi. Tenaga kependidikan yang beruntung itu adalah Fauzan Natsir, S.Kom., CEH., CHFI.

Fauzan Natsir tersebut telah menjalani serangkaian pelatihan penguasaan perangkat lunak komputer di Surabaya pada 23 September 2016. Fauzan Natsir terpilih dari sekian banyak tenaga kependidikan, karena ia memang seorang sarjana komputer dan sangat menguasai berbagai perangkat lunak komputer. Adapun program perangkat lunak yang harus dikuasai pada pelatihan di Surabaya itu ada empat yaitu:
Ø  Microsoft Excell
Ø  Microsoft Word
Ø  Microsoft Power point
Ø  Microsoft Access

Setelah selesai mengikuti pelatihan dan sertifikasi untuk 4 perangkat lunak tersebut, maka tugas berat Fauzan Natsir sudah menunggu. Ia harus mampu mentransfer ketrampilan dalam penguasaan perangkat lunak itu apda para calon sarjana Universitas Proklamasi 45. Transfer of learning itu sudah terstandarisasi, sehingga kompetensi lulusannya dapat dibanggakan.

Bagaimana dengan para dosen dan tenaga kependidikan yang lainnya? Para dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Proklamasi 45 tentu saja juga harus tersertifikasi. Mereka akan diperlakukan sama dengan para calon sarjana tersebut. Persoalannya adalah para dosen dan tenaga kependidikan itu tidak sedikit yang sudah berusia lanjut, sehingga ketrampilan penguasaan komputer menjadi tertatih-tatih. Transfer of learning penguasaan software pada para senior itu juga menjadi tugas Fauzan Natsir. Hal itu tidak mudah, namun sangat memungkinkan untuk dilakukan. Majunya suatu univesitas bergantung pada kesediaan civitas akademika untuk memperbaiki ketrampilannya. Semoga program sertifikasi perangkat lunak komputer ini berlangsung lancar, dan semua civitas akademika Universitas Proklamasi 45 dapat dibanggakan.


Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top