Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

PERAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PEMILIHAN STUDI LANJUT PADA REMAJA



PELAYANAN MASYARAKAT OLEH DOSEN & ALUMNI DI RRI

Fx. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Keluarga memiliki peranan di dalam pertumbuhan dan perkembangan pribadi seorang individu. Peran orangtua merupakan komponen penting dalam pendidikan anak. Dukungan keluarga ini memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam membantu seorang remaja dalam menentukan keputusan pada saat memilih studi lanjut.

Myers (1992), berpendapat bahwa dukungan dari orangtua biasanya didapatkan dari hubungan yang hangat dengan orangtua, dan dari hubungan yang baik dengan orangtuanya tersebut memberikan dukungan yang positif bagi individu dalam menjalin hubungan dengan teman dan lingkungan sekitar.

Keluarga memberikan dukungan dalam bentuk bantuan baik secara emosional, informatif, instrumental, penghargaan terhadap seorang remaja untuk melakukan penyesuaian adaptif selama masa belajarnya. Bantuan tersebut akan dapat dirasakan oleh seorang remaja, ketika menentukan pilihan tentang bidang keilmuan yang akan ditekuni dalam studi lanjut sehingga mampu melakukan perilaku yang sesuai dengan dirinya dan lingkungan sosialnya.

Santrock (2003), menjelaskan bahwa kemampuan untuk membuat keputusan adalah ciri lain yang tidak sepenuhnya terbangun pada kaum muda, pengambilan keputusan secara luas tentang karir, nilai-nlai, keluarga dan hubungan, serta tentang gaya hidup. Orangtua diharapkan selalu memberikan bimbingan yang mengarah pada motivasi belajar dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan anaknya dalam proses belajar, sehingga apa yang dicita-citakan oleh orangtua terhadap anaknya dapat dicapai serta memberikan dukungan baik moral maupun material terhadap kebutuhan belajar anak.

Remaja yang dalam proses menentukan studi lanjutnya diharapkan mampu mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajar dengan selalu belajar lebih giat lagi dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat mengembangkan potensinya.

Tulisan ini adalah implementasi kerjasama RRI Yogyakarta dengan Fakultas Psikologi UP45. Progream yang diasuh adalah Forum Dialog Psikologi,dan dilaksanakan setiap Rabu 20.15-21.00. Siaran ini berlangsung pada 3 Mei 2017. Punggawa kali ini adalah dosen Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA dan alumni Yudha Andri, S.Psi.

Referensi:
Myers, G. E., & Michele, T. M. (1992). The dinamics of human communication (6th ed) New York: Mc. Grow Hill Inc.
Santrock, J.W. (2003). Adolescence: Perkembangan remaja. Edisi ke-6. (Alih Bahasa: Shinto B.A & Sherly S). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Suggested citation:

Widiantoro, F. W. (2017). Peran Dukungan Keluarga Terhadap Pemilihan Studi Lanjut Pada Remaja. RRI Yogyakarta. 3 Mei 2017.

Post a Comment

0 Comments