GROWING CHILDREN’S WATER CONSERVATION AWARENESS THROUGH WRITING & DRAWING METHOD

Diposkan oleh Label: di


UPAYA MENTERJEMAHKAN VISI DALAM BIDANG ENERGI & PUBLIKASI DOSEN BESERTA ALUMNI PADA LEVEL INTERNASIONAL

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Latar belakang tulisan ini ada tiga hal. Pertama, air sebagai salah satu sumber energi ternyata sering tidak dimanfaatkan secara maksimal. Penyebabnya sederhana yaitu keran air / saluran air bocor, dan dibiarkan begitu saja. Selain karena kerusakan keran, perilaku ceroboh juga menyumbang tidak optimalnya potensi air ini. Perilaku ceroboh itu antara lain tidak menutup keran setelah menggunakan air dan menggunakan air secara berlebih-lebihan. Akar permasalahan perilaku ceroboh itu adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya air sebagai sumber energi. Cara jitu untuk mengatasi perilaku ceroboh terhadap air itu adalah memberi pengertian pentingnya air pada anak-anak. Anak-anak dididik untuk memahami cara menyelamatkan dan menggunakan air secara bijak.


Latar belakang kedua dari tulisan ini adalah adanya kebutuhan bagi Prodi Psikologi UP45 untuk menterjemahkan visi dalam bidang penelitian dan karya ilmiah para dosen. Selama ini ada persepsi bahwa energi adalah suatu hal yang hanya sesuai untuk bidang teknik saja. Bidang sosial sama sekali tidak relevan dengan energi. Persepsi itu kemudian dipatahkan dengan dipublikasikannya tulisan ini. Penekanan pada bidang sosial adalah pada perilaku yang berhubungan dengan energi. Teknologi boleh berkembang pesat, namun perilaku orang-orang yang terlibat dalam energi adalah fondasi yang menjaga keberlangsungan energi tersebut.

Latar belakang ketiga dari tulisan ini adalah miskinnya sumbangan alumni terhadap Prodi Psikologi UP45. Ketidakpedulian alumni telah menyebabkan Prodi Psikologi UP45 mempunyai nilai akreditasi yang berlaku pada level lokal saja. Adanya kepedulian alumni dalam bidang akademik telah menyebabkan upaya-upaya menaikkan angka akreditasi prodi menjadi semakin bergairah. Alumni tersebut adalah Ir. Dian Yudhawati, S.Psi., M.Si., M.Psi., yang lulus dari Prodi Psikologi UP45 dengan nilai-nilai yang mengagumkan.

Sebagai catatan, tulisan lengkap naskah ini sudah dipresentasikan dalam ajang internasional atau call for paper di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Karya ilmiah ini dapat terselenggara karena ada bantuan dari alumni dan dosen dari Teknik Perminyakan (Wira Widura, ST., M.Eng). Para penulis bekerja sama dengan intensif sehingga publikasi internasional telah dilakukan.



Versi lengkap dan resmi dari naskah ini ada pada lampiran di bawah ini. Semua naskah karya dosen direncanakan akan dipublikasikan melalui majalah Kupasiana dan juga media daring lainnya. Publikasi daring ini untuk memenuhi azas transparansi, penyebarluasan gagasan, dan juga untuk mempermudah proses akreditasi Program Studi Psikologi UP45 serta akreditasi institusi.


Suggested citation:

Shinta, A., Widiantoro, F.W., Widura, W. & Yudhawati, D. (2016). Growing children’s water conservation awareness through writing and drawing method. Proceeding the 8th International Graduate Students and Scholars’ Conference in Indonesia (IGSSCI), Knowledge, Art and Change in Respons to Human Crisis. 26-27 October 2016. Yogyakarta, Indonesia: Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada. No. ISBN: 978-602-8683-10-4. Page: 115-121. 











Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top