MEMBANGUN SITUASI KERJA YANG LEBIH MENYENANGKAN PADA KARYAWAN DENGAN PENGADAAN MINUMAN YANG BERGIZI TINGGI

Diposkan oleh Label: di


UPAYA MENTERJEMAHKAN VISI DALAM BIDANG ENERGI & PUBLIKASI DOSEN BESERTA ALUMNI PADA LEVEL NASIONAL

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Latar belakang tulisan ini ada tiga hal. Pertama, karyawan pada suatu organisasi mempunyai kinerja yang rendah. Indikatornya adalah mereka bersedia bekerja dengan tekun bila diawasi oleh pimpinan. Bila pimpinan tidak ada di tempat, maka mereka akan bekerja seenaknya saja. Pada siang hari, mereka sering tertidur di tempat kerja atau memperpanjang jam makan siang sampai dengan waktu pulang. Sektor pelayanan menjadi terbengkalai. Padahal bisnis utama organisasi adalah jasa pendidikan. Setelah diamati beberapa saat, mereka mempunyai kebiasaan yang buruk yaitu menelantarkan makan pagi. Alasan yang paling sering terdengar adalah kurangnya gaji. Hal itu berarti bahwa gaji rendah adalah alasan utama untuk berperilaku malas.

Latar belakang kedua dari tulisan ini adalah adanya kebutuhan bagi Prodi Psikologi UP45 untuk menterjemahkan visi dalam bidang penelitian dan karya ilmiah para dosen. Selama ini ada persepsi bahwa energi adalah suatu hal yang hanya sesuai untuk bidang teknik saja. Bidang sosial sama sekali tidak relevan dengan energi. Persepsi itu kemudian dipatahkan dengan dipublikasikannya tulisan ini. Penekanan pada bidang sosial adalah pada perilaku yang berhubungan dengan energi. Teknologi boleh berkembang pesat, namun perilaku orang-orang yang terlibat dalam energi adalah fondasi yang menjaga keberlangsungan energi tersebut.

Pengertian energi dalam tulisan ini adalah adanya pemanfaatan sampah untuk dijadikan barang kerajinan. Sampah itu berasal dari bungkus kemasan minuman bergizi tinggi dan mengenyangkan. Jadi sebenarnya penelitian ini adalah eksperimen. Para responden menerima minuman sehat tersebut secara gratis selama 3 bulan, sebagai pengganti makan pagi. Para responden sering melewatkan makan pagi, sehingga kinerjanya menurun. Syarat bagi responden untuk bisa menikmati minuman sehat tersebut adalah dengan membuka bungkus minuman dengan hati-hati, sehingga bungkusnya dapat digunakan untuk membuat kerajinan tas cantik.

Latar belakang ketiga dari tulisan ini adalah miskinnya publikasi dosen pada tingkat nasional. Padahal publikasi penelitian ini adalah ‘nyawa’ bagi suatu prodi. Istilah yang sangat terkenal adalah publish or perish yang artinya publikasikan karyamu atau kau mati. Publikasi ini adalah jawaban dari rendahnya publikasi para dosen.


Sebagai catatan, tulisan lengkap naskah ini sudah dipresentasikan dalam ajang nasional atau call for paper di Universitas Yarsi Jakarta. Karya ilmiah ini dapat terselenggara karena kerjasama yang harmonis antar dosen Psikologi UP45.

Versi lengkap dan resmi dari naskah ini ada pada lampiran di bawah ini. Semua naskah karya dosen direncanakan akan dipublikasikan melalui majalah Kupasiana dan juga media daring lainnya. Publikasi daring ini untuk memenuhi azas transparansi, penyebarluasan gagasan, dan juga untuk mempermudah proses akreditasi Program Studi Psikologi UP45 serta akreditasi institusi.


Suggested citation:

Shinta, A., Bimono, & Listiari, E. (2014). Membangun situasi kerja yang lebih menyenangkan pada karyawan dengan pengadaan minuman yang bergizi tinggi. Prosiding Konferensi Nasional II Psikologi Kesehatan Fakultas Psikologi Universitas Yarsi (Jilid 1). Peran Psikologi Kesehatan Menuju Indonesia Sehat dan Hidup Berkualitas (Sehat Fisik, Mental, Sosial, dan Spiritual). 21-22 Juni 2014. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Yarsi. No. ISBN. 978-602-19305-2-6. Halaman: 70-79.










Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top