PEMBERDAYAAN WARGA DIFABEL: KUNCI SUKSES PENGGALIAN POTENSI DALAM BIDANG BISNIS

Diposkan oleh Label: di


PUBLIKASI DOSEN DAN MAHASISWA PADA LEVEL NASIONAL

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Latar belakang tulisan ini adalah marginalnya orang-orang yang mempunyai kebutuhan berbeda (difabel, different ability) dengan mayoritas orang lainnya. Marginalisasi itu sangat tampak nyata pada sektor ekonomi. Buktinya adalah jarang atau bahkan tidak ada iklan lowongan pekerjaan khusus untuk orang-orang penyandang difabel ini. Memang ada perusahaan yang mempekerjakan orang-orang difabel, namun jumlahnya tentu sangat sedikit. Selain itu, perusahaan yang mempekerjakan karyawan difabel tentu lebih suka pada karyawan yang tingkat difabelnya rendah. Sebagai contoh orang yang kakinya tidak lengkap vs orang yang perkembangan mentalnya tertinggal (mentally retarded), tentu lebih dipilih orang yang kakinya tidak lengkap sebagai karyawan.

Apa dampak dari segi ekonomi bagi orang-orang yang terpinggirkan itu? Tentu saja hidup mereka menjadi miskin. Kalau pun mereka bekerja, maka sektor yang dituju adalah informal atau berwirswasta. Bila orang-orang itu kemudian menikah, maka keturunannya juga akan terganggu pertumbuhan dan perkembangannya. Hal ini karena anak-anak kekurangan gizi. Mereka menjadi beban pemerintah. Adakah cara jitu untuk mengatasinya?


Cara jitu untuk mengatasi kemiskinan di kalangan orang berkebutuhan berbeda itu adalah pemberdayaan. Pemberdayaan harus dimulai dari kesadaran diri sendiri terlebih dahulu. Sulit mengentaskan orang-orang marginal itu bila mereka dibantu terus namun tidak ada keinginan untuk mengubah nasib. Setelah mereka mempunyai kesediaan untuk mengubah diri, maka faktor lingkungan (eksternal) dapat masuk.

Adalah Wartono, seorang mahasiswa Psikologi UP45 yang tertarik dengan kenalannya yang mempunyai fisik tidak lengkap. Orang tersebut berjualan madu, dan sukses berat. Kunci rahasnya adalah motivasi orang tersebut untuk sukses sangat tinggi. Hal yang membanggakan adalah orang yang berkebutuhan khusus tersebut justru mampu memotivasi para tetangganya yang keadaan fisiknya lengkap.

Oleh karena keunikan yang ada pada kenalannya itu dan juga ada tugas menulis penelitian kecil pada pelajaran Psikologi Industri & Organisasi, maka Wartono memutuskan meneliti lebih mendalam kenalannya itu. Wartono menuliskan suka duka kehidupan kenalannya, rahasia suksesnya, dan impian masa depannya. Penelitian kecil itu kemudian dipoles oleh beberapa dosen, dan juga diberi bantuan untuk publikasi, maka penelitian itu kemudian sudah go national.

Sebagai catatan, tulisan lengkap naskah ini sudah dipresentasikan dalam ajang nasional atau call for paper di Fakultas Psikologi Univesitas Muria Kudus, pada 13 Agustus 2016. Penelitian ini dapat terselenggara karena adanya Program Menulis untuk mahasiswa, yang dimulai sejak mahasiswa duduk di semester awal yaitu pada pelajaran Psikologi Industri & Organisasi.

Pada program tersebut mahasiswa dibimbing secara intensif untuk menulis dan menyelesaikan penelitian kecilnya. Penelitian ini dibimbing secara intensif oleh penulis utama dan juga peneliti dari Fakultas Psikologi Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa Yogyakarta. Peneliti dari UST itu adalah alumni Prodi Psikologi UP45 yang sampai sekarang masih bersedia memberi perhatian pada almamaternya. Ini adalah bentuk nyata sumbangan bidang akademik. Semua pihak bergotong royong agar tulisan ini dapat berlaga di kancah nasional dan mengharumkan nama Prodi Psikologi UP45.

Versi lengkap dan resmi dari naskah ini ada pada lampiran di bawah ini. Semua naskah karya dosen direncanakan akan dipublikasikan melalui majalah Kupasiana dan juga media daring lainnya. Publikasi daring ini untuk memenuhi azas transparansi, penyebarluasan gagasan, dan juga untuk mempermudah proses akreditasi Program Studi Psikologi UP45 serta akreditasi institusi.


Suggested citation:

Widiantoro, F.W., Wartono, Hartosujono, & Shinta, A. (2016). Pemberdayaan warga difabel: Kunci sukses penggalian potensi dalam bidang bisnis. Prosiding Seminar Nasional Psikologi: Aktualisasi Potensi Anak Bangsa Menuju Indonesia Emas. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus dan Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus.13 Agustus 2016. No. ISBN: 978-602-1180-32-7, halaman 55-61. 
http://eprints.umk.ac.id/6115/7/5_Difabel.pdf










Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top