Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

SARASEHAN DESA MEMBANGUN INDONESIA



KEHADIRAN TAMU UNDANGAN UNTUK MENINGKATKAN
KUALITAS SDM UP45


Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogykarta


Pada sarasehan kali ini telah hadir tamu undangan yaitu Ir. Muslich Zainal Asikin, MBA, MT, ATU. Beliau adalah pakar pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat dan sekaligus Manager Sertifikasi LSP FPM. Kehadiran beliau di UP45 pada 10 Agustus 2017 sangat bermanfaat bagi para dosen UP45, untuk meningkatkan kualitasnya. Peningkatan kualitas itu dilakukan melalui diperolehnya Kompetensi Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat. Intinya adalah para dosen mendapatkan sertifikat sebagai pakar pemberdayaan masyarakat. Memperoleh sertifikat itu tentu saja dengan partisipasi dalam suatu pelatihan.

Apa pentingnya kompetensi sebagai fasilitator pemberdayaan masyarakat? Pemberdayaan masyarakat tentu saja penting untuk membangun Indonesia. Pembangunan desa itu membuuthkan pendampingan, dan pendamping itu harus memiliki sertifikasi kompetensi dan kualifikasi pendampingan di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan / atau teknik. Permasalahannya, tidak semua fasilitator tersebut mempunyai sertifikat. Keberadaan sertifikat tersebut berdasarkan beberapa peraturan normatif yaitu:


1)    UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan
2)    UU No. 6 tahun 2014 tentang desa
3)    PP No. 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU No. 6 tahun 2014 tentang desa, terutama Pasal 129.
4)    PP No. 47 tahun 2015 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 6 2014 tentang desa.
5)    Kepmenakertrans No. 28 tahun 2012 tentang Penetapan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Jasa Kemasyarakatan Bidang Pemberdayaan Masyarakat untuk Jabatan Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.
6)    Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi No. 3 tahun 2015 tentang Pendampingan Desa.

Kepemilikan sertifikat Kompetensi Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat ini berarti pemegangnya sudah mempunyai kompetensi untuk memberdayakan masyarakat. Kompetensi dalam hal ini berarti pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diperlukan oleh individu agar ia sukses menangani pekerjaannya. Aspek pengetahuan berarti individu mengetahu alasan / mengapa masyarakat perlu diberdayakan. Aspek ketrampilan berarti bagaimana cara memberdayakan masyarakat. Aspek sikap berarti bagaimana seharusnya masyarakat diberdayakan. Individu yang berkompeten berarti ia mampu dan berwenang untuk melakukan suatu pekerjaan, yang didasari oleh pengetahuan, ektrampilan dan sikap sesuai dengan unjuk kerja yang ditetapkan.

Apa saja dimensi kompetensi? Kompetensi pemberdayaan masyarakat desa tersebut mempunyai beberapa kompetensi yaitu:
1)    Task skill, yang berarti individu mampu melaksanakan tugas sesuai dengan standar normatif yang ada.
2)    Task management skills, yang berarti individu mampu mengelola sejumlah tugas yang berbeda dalam satu pekerjaan.
3)    Contingency management skills, yang berarti kemampuan merespon dan mengelola kejadian ireguler dan masalah
4)    Jab / role environment skills, yang berarti individu mampu menyesuaikan antara tanggung jawab dan harapan lingkungan kerja.

Apa saja materi pelatihan dan pengujian kompetensi pemberdayaan desa? Ada tiga kompetensi yaitu umum, inti dan khusus. Berikut adalah rincian materi diklat dan uji kompetensi pemberdayaan desa.


UNIT KOMPETENSI UMUM
1)    Membangun relasi sosial
2)    Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada di masyarakat
3)    Mengembangkan kesadaran masyarakat untuk berubah menuju kehidupan yang lebih baik
4)    Mengembangkan kapasitas sebagai fasilitator
5)    Mengembangkan aksesibilitas antar pemangku kepentingan
6)    Membangun visi dan kepemimpinan masyarakat.

UNIT KOMPETENSI INTI
1)    Membangun jejaring dan kemitraan
2)    Membangun solidaritas sosial
3)    Mengembangkan kapasitas kelembagaan masyarakat dan pemerintahan lokal
4)    Memperkuat posisi tawar masyarakat
5)    Merancang perubahan kehidupan masyarakat
6)    Mengelola pembelajaran di dalam masyarakat
7)    Menyiapkan kader pemberdayaan masyarakat
8)    Mengembangkan kemandirian masyarakat
9)    Mengelola konflik di dalam masyarakat
10) Mengebangkan sistem kontrol sosial

UNIT KOMPETENSI KHUSUS (PILIHAN)
1)    Mengembangkan inovasi pemberdayaan masyarakat
2)    Memfasilitasi penerapan inovasi pemberdayaan masyarakat di bidang / sektor kegaitan tertentu.

Post a Comment

3 Comments

  1. Assalamualaikum Wr. Wb

    Email:::(aditya.aulia139@gmail.com)
    (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    ReplyDelete
  2. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete

Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji