MENGGUNAKAN RADIO SECARA CERDAS SEBAGAI AJANG PENGGALIAN POTENSI DIRI

Diposkan oleh Label: di


KIPRAH ALUMNI, DOSEN, & MAHASISWA DI RRI YOGYAKARTA


Fx. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Seiring perkembangan jaman, radio bukan hanya menjadi media hiburan dan informasi, namun radio sudah menjadi media pembelajaran. Program radio banyak menawarkan dan menyajikan acara-acaa yang menarik dan variatif. Kegiatan penyiaran radio memiliki peran sosial yang tinggi sebagai media komunikasi. Adanya proses menyampaian ide, gagasan atau opini dari komunikator ke komunikan, dengan atau tanpa media yang bertujuan mengubah perilaku orang lain.

Fungsi radio bagi individu sebagai media komunikasi sosial setidaknya mampu membangun konsep diri, aktualisasi diri, sehingga memperoleh kebahagiaan antara lain melalui komunikasi yang beersifat menghibur dan memupuk hubungan dengan orang lain. Radio mengalami perkembangan yang cukup pesat sebagai media informasi dan hiburan karena radio bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja berada. Radio merupakan salah satu sarana media massa yang cukup efektif dan efisien, serta dijangkau secara teknis oleh seluruh lapisan masyarakat. Keunggulan teknis yang dimiliki radio adalah biaya yang murah, serta fleksibilitas yang dimilikinya, menyebabkan radio banyak diminati dan dimiliki oleh banyak masyarakat.

Seperti halnya program-program di media massa lainnya, program di RRI dikelompokan dalam acara pemberitaan dan penerangan, acara pendidikan dan agama, serta acara kebudayan dan hiburan. Para pendengar RRI diberikan kesempatan untuk interaktif, saling berbagi informasi terbaru tentang perkembangan dunia sekitar mereka. Kebutuhan akan informasi sangatlah tinggi. Terutama jika informasi tersebut sangat dekat dengan tempat tinggal mereka. Adanya kegiatan siaran radio membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi, baik untuk sekedar memuaskan rasa ingin tahu atau untuk belajar.

Selain mendapatkan kebutuhan akan informasi, masyarakat juga membutuhkan sosialisasi, informasi sebagai media dalam kategori ini adalah dari sebuah kelompok pendengar dapat saling berinteraksi dan bersosialisasi. Kemampuan jangkauan frekwensi radio sebagai media elektronik mampu diakses sampai ke pelosok-pelosok pedesaan. Radio memiliki kemampuan besar untuk membentuk pendapat umum. Kegiatan penyiaran radio lebih didasarkan pada kemampuan  membaca situasi dan mendekat kepada masyarakat sebagai pendengar.

Berita radio merupakan salah satu contoh media massa di elektronik yang dekat dengan masyarakat, radio telah menjalankan perannya dalam menginformasikan, memberikan pendidikan, sebagai sarana hiburan, sebagai pengontrol sosial, dan dapat untuk mempengaruhi para pendengarnya. Sebagai salah satu media massa yang paling mudah diakses oleh masyarakat membuat sebagian besar masyarakat merasa nyaman dan karena kemudahannya banyak masyarakat yang menganggap radio sebagai salah satu media massa yang efektif dan efisien.

Peranan radio sebagai alat untuk berkomunikasi menyajikan informasi sebagai sumber berperilaku dan berkesadaran bagi para masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan radio yang efektif dan efisien, membuat media ini banyak diminati di daerah perkotaan yang rentan dengan kemacetan, radio menjadi teman setia di perjalanan. Audiens menyalakan radio tidak hanya karena ingin mendengarkan musik, sandiwara, atau wayang sebagai suatu sarana hiburan saja tetapi juga untuk mendengarkan berita sebagai salah satu sumber infomasi. Informasi atau berita melalui radio lebih aktual, dan lebih cepat penyampaiannya, karena secara teknis lebih memungkinkan dibandingkan dengan media lain seperti surat kabar dan televisi.

Tulisan ini adalah materi siaran di RRI Yogyakarta, yang mana siaran itu terlaksana pada hari Rabu, 6 September 2017, pukul 20.00-21.00. Siaran ini merupakan bukti terlaksananya kerjasama antara Psikologi UP45 dengan RRI Yogyakarta. Komandan acara ini dari pihak Psikologi UP45 adalah pak Wahyu Widiantoro, sedangkan penyiar dari RRI Yogyakarta adalah mas Fery.

Siaran kali ini terasa istimewa, karena ada alumni yang bersedia membantu terlaksananya acara ini. Dia adalah Yudha Andri, S.Psi., yang lulus pada Mei 2017. Di tengah-tengah kesibukannya, dia masih sempat untuk mendukung pak Wahyu. Acara ini juga dihadiri oleh Tri Mei Wulandari, mahasiswa Psikologi UP45 yang keren dan berprestasi. Ada banyak tanggapan dari pendengar, dan hal ini membuat kami merasa berguna bagi masyarakat.


Suggested citation:

Widiantoro, F. W. (2017). Menggunakan radio secara cerdas sebagai ajang penggalian potensi diri. RRI Yogyakarta. 6 September 2017.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top