Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

PROGRAM PENDEKAR ANAK UNICEF

 

KEGIATAN PENGABDIAN DOSEN & MAHASISWA UP45

DI RADIO SONORA YOGYAKARTA

Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA

Fakultas Psikologi UP45

Yogyakarta

 


Dorongan perilaku menolong sesama secara psikologis pasti ada pada setiap individu, baik disadari maupun tidak. Individu yang mampu mengembangkan sikap menolong sesama akan memelihara dan mengembangkan persaudaraan serta rasa kasih sayang. Dialog dengan tema “Program Pendekar Anak UNICEF”, sebagai salah satu contoh nyata kesadaran akan sikap menolong sesama disiarkan secara langsung hasil kerjasama UP45 dengan Radio Sonora 97.4 FM Yogyakarta (6/4).

 

“Program Pendekar Anak merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh relawan Unicef wilayah Surabaya. Tujuan program yaitu untuk mengajak masyarakat menjadi donatur secara teratur setiap bulan dalam jumlah berapa pun bagi kesejahteraan anak-anak yang akan disalurkan oleh Unicef”, jelas Lina Nur Maulani, S.Pd., selaku City Coordinator Face to Face Fund Raising Surabaya.

 

Lebih dijelaskan oleh Lina bahwa Unicef berkantor di Surabaya, Medan, Jakarta memiliki banyak program untuk mendukung anak-anak Indonesia di bidang pendidikan, kesehatan, gizi, perlindungan kekerasan anak, dan terpenuhi segala hak-hak anak. Masa pandemi seperti saat ini berdampak pada setiap keluarga di masyarakat dan berpengaruh pada kesejahteraan anak. Relawan Unicef berupaya untuk mengajak masyarakat untuk turut serta dalam memenuhi kesejahteraan anak tersebut.

 


“Kami berupaya menjelaskan kepada masyarakat tentang kondisi bahwa begitu banyak anak-anak di Indonesia yang membutuhkan bantuan baik dalam hal pendidikan dan kesehatan. Harapannya masyarakat yang berusia 30 tahun ke atas tergerak dan turut bergabung dalam Program Pendekar Anak”, tambah Pandji Suryo Putro sebagai tim Fund Raising Surabaya.

 

“Masyarakat kota Jogja sangat antusias terhadap program Pendekar Anak Unicef. Kami sebagai tim yang langsung bertemu dengan masyarakat Jogja, dapat merasakan bahwa seberapa besar penghasilan masyarakat ternyata tadak mempengaruhi kesediaan untuk berdonasi. Seperti kejadian pertemuan kami dengan seorang driver Gojek yang berkenan membantu untuk turut mengusahakan hingga berdonasi”, ungkap Lina.

 

Berikut merupakan rangkuman dari ragam pertanyaan pendengar radio saat acara berlangsung dan tanggapan dari penulis dan narasumber lainnya.

 

1) Bapak Jabal, di Jogja. Saya tertarik dengan dunia sosial. Bagaimana cara untuk bergabung dalam program tersebut?

Jawaban:  Saat ini, kami membuka layanan di Malioboro mall lantai 1, Superindo di Jl. Perintis Kemerdekaan, dan Superindo di daerah Seturan.

2) Bapak Adipati, di Jogja. Saya baru mendengar adanya program ini. Apa saja syarat-syaratnya?

Jawaban: Syarat, usia 25 tahun ke atas, membawa ATM dan KTP. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situs unicefindonesia, info program bisa membuka situs suportunicefindonesia.

3) Ibu Yanti, di Jogja. Saya ingin bergabung dengan program ini, apakah bisa menggunakan BCA, BRI?

Jawaban: Kami bisa bantu menggunakan Visa master BCA, BRI.

4) Mba Audi, di Jogja. Saya pernah bertemu dengan tim Unicef yang di Mall hingga saya pun tertarik untuk bergabung pada program Pendekar Anak. Namun usia saya belum mencukupi. Adakah program untuk menjadi relawan Unicef bagi yang berusia remaja?

Jawaban: Ada. Silakan membuka situs unicef.org/Indonesia/id.

5) Mba Okta, di Jogja. Bagaimanakah sistem donasi dalam program ini?

Jawaban: Sistem menggunakan Auto debit, yang dilakukan 1 kali dalam satu bulan. Tujuannya agar memudahkan masyarakat dalam berdonasi. Kami akan mengirim laporan penggunaan donasi tersebut melalui E-mail.

6) Ibu Ayu, di Palagan. Program ini berlangsung sampai kapan?

Jawaban: Kami di Jogja dalam 3 Minggu dan saat ini masuk minggu terakhir.

 

Siaran ini terlaksana berkat kolaborasi beberapa dosen dan mahasiswa UP45 yakni:

§  Dosen Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA sebagai nara sumber utama

§  Dosen Dr. Arundati Shinta sebagai kontibutor ide dan acara, serta publikasi.

§  Mahasiswa Tris Sabila Rahmah sebagai disainer poster.

 

Pendengar yang telah mengirim pertanyaan menarik dan beruntung mendapat hadiah berupa pulsa cellular yaitu pemilik nomor 081...36. Terima kasih kepada seluruh Sahabat Sonora 97.4 FM Yogyakarta.

 

Widiantoro, FW (6 April 2021)

 

 

Post a comment

0 Comments