KHASIAT BUNGA MAWAR UNTUK KULIT

Diposkan oleh Label: di

Ratna Kanyaka Budi Utami
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi

Foto : Elisa
Bunga mawar sering diidentikan dengan simbol keindahan dan kecantikan. Sampai saat ini bunga mawar masih dan akan selalu digunakan sebagai satu hal penting untuk menyatakan romansa kehidupan. Bunga mawar bisa dijadikan sebagai wujud dari kelembutan dan keindahan, khususnya bagi kaum hawa. 
Motif bunga mawar pun tak jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya di pakaian wanita, sprei, walpaper, dan masih banyak lainnya. Bentuk dan warnanya yang indah membuat setiap orang senang melihatnya. Selain sebagai simbolis wujud romansa keindahan kehidupan, bunga mawar juga dapat dijadikan sebagai bahan perawatan kecantikan. 
Pembuatannya praktis dan dapat dilakukan di rumah, bunga mawar dapat dijadikan sebagai toner atau pembersih wajah, lalu dapat dijadikan sebagai masker. Jaman sekarang sudah banyak kosmetik yang mengandung bahan kimia yang sudah banyak campurannya  sehingga dapat membahayakan kulit kita walaupun tidak semuanya tetapi tidak ada salahnya untuk be natural

Mengapa bunga mawar sangat bermanfaat untuk kulit kita? Bunga mawar memiliki kandungan sitral, sitronelol, geraniol,linalo, nero, eugenol, feniletil, alkohol, farnesol, nonilaldehida. Kandungan tersebut berfungsi sebagai penetralisir racun, menghaluskan kulit, melancarkan sirkulasi darah, dan lain sebagainya. Bunga mawar memiliki banyak khasiat untuk perawatan kulit, baik tubuh maupun wajah. Untuk bagian wajah, bunga mawar memiliki banyak khasiat untuk perawatan kulit, baik tubuh maupun wajah. untuk bagian wajah, bunga mawar bisa dijadikan sebagai toner dan masker. Kita bisa menyaringnya dengan cara merebusnya terlebih dahulu, tujuan dari bunga mawar ini dapat menghambat penuaan, lalu yang paling utama adalah membuat kulit menjadi lebih halus, selain itu air mawar ini dapat menghasilkan kulit yang sehat dan segar, dan menyeimbangkan kadar minyak di wajah kita. 

Manfaat air mawar yang dapat digunakan sebagai campuran lulur/scrub tubuh. Lulur apapun dapat digunakan disesusaikan dengan kebutuhan tubuh, lalu air mawar ini dituangkan pada adonan lulur yang akan digunakan. kulit akan terasa lebih kenyal dan segar. Aromanya pun dapat dijadikan sebagai aroma terapi yang menenangkan pikiran, psikoogis dan kenyamanan seseorang. Maka mulai dari sekarang, tidak ada salahnya mencoba gaya hidup herbal dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

3 comments:

  1. Tulisannya kok ada putih-putihnya itu apa sih? Mata saya jadi sakit nih. Tidak ada pengarangnya? Lalu kalau mau dikutip tulisan itu bagaimana dong? Redakture ngantuk ya!

    ReplyDelete
  2. Mbak Ratna, tulisannya bagus ya. Wah sudah masuk jadi entri populer nih. Kalau untuk bunga melati juga bisa dijadikan untuk parfum ya? Kalau tidak keliru jasmine ya? Mbak Ratna tahu cara membuatnya? Ditunggu tulsian berikutnya ya.

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top