PKM ajang kreativitas mahasiswa

Diposkan oleh Label: di

Oleh : Nurul Istiyani
Mahasiswa Psikologi UP 45 Yogyakarta.

Peserta PKM 2012 (Foto : Elisa)
Pekan Kreativitas Mahasiswa atau biasa disingkat dengan PKM ini merupakan suatu wadah dan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif mereka. Pelaksanann Pekan Kreativitas Mahasiswa tinggal beberapa bulan lagi mari kita berbondong-bondong untuk segera menuliskan proposal sesuai dengan bidang yang kita kuasai. Hadiah dari kegiatan ini lumayan besar. apabila proposal yang kita ajukan ini dapat menang kita mendapatkan kesempatan untuk maju ke PIMNAS, serta proposal yang kita ajukan dapat didanai dari DIKTI. Pendanaan Dikti untuk proposal yang menjadi pemenang sebesar 12,5 juta. Proposal yang diajukan untuk mengikuti PKM ini terdapat dua jenis proposal dengan tujuh bentuk proposal antara lain : PKM untuk program kegiatan dibedakan menjadi PKM-K( PKM kemitraan/ kewirausahaan), PKM-M(), PKM-P(), PKM-T(), PKM-KC ( Karsa Cipta), PKM-T(PKM teknologi/solusi atas suatu permasalahan). PKM yang jenis kedua yaitu: PKM GT (PKM gagasan tertulis), dan PKM artikel ilmiah.
Dari berbagai PKM yang telah disebutkan diatas untuk PKM katagorisasi jenis pertama yaitu PKM yang mendapatkan dana dari Dikti maksimal 12,5 juta dan dapat lanjut ke PIMNAS. PKM katagorisasi jenis kedua untuk gagasan tertulis dan artikel ilmiah ini masing-masing proposal yang menang akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 3 juta dan untuk PKM GT dapat lanjut ke PIMNAS. Kiat-kiat yang dilakukan para instansi untuk menggerakkan mahasiswanya agar mengikuti ajang ini beraneka ragam. Ada perguruan tinggi yang dosennya mewajibkan setiap mahasiswanya secara berkelompok membuat proposal PKM untuk dajukan pada lomba PKM ini, proposal PKM ini merupakan salah satu syarat untuk lulus salah satu mata kuliah. Alhasil dosen yang menggunakan sistem seperti ini memetik kemenangan yang cukup banyak dari berbagai proposal yang diajukan mahasiswanya. Nama perguruan tinggi terebut semakin mengakasa dan mahasiswanya pun bersemangat berlomba-lomba mengutarakan ide kreativitasnya melaui pengajuan proposal PKM ini. Cara lain yang digunakan instansi yaitu Kopertis V dengan mengadakan Pelatihan menulis karya ilmiah mahasiswa agar mahasiswa yang berada di PTS-PTS naungan kopertis V ini berbondong-bondong untuk mengikuti kegiatan PKM tersebut. Diharapkan dengan adanya pelatihan menulis yang dari kopertis V ini semakin banyak mahasiswa dari PTS yang mengajukan proposal PKM ini. 

2 comments:

  1. Bu Nurul, punya contoh proposal PKM? lain kali mbok dipublish gitu lho di blog ini tentang point-point apa saja yang harus ada di proposal PKM. Ditunggu tulisan tentang proposal PKM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok ditunggu yy... siap menulis lagi lanjutan dari tema artikel ini

      salam
      nurul

      Delete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top