Manfaat Yang Berlimpah Dari Kegiatan Sosial

Diposkan oleh Label: di

Nurul Istiyani
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Manusia adalah makhluk sosial. Makhluk ini tidak bisa hidup sendiri, didalam hidupnya ia bergantung pada makhluk lain. Setiap individu tidak mampu bertahan hidup lama apabila ia tidak mau menyadarinya bahwa dirinya sebagai makhluk sosial. Makhluk ini diciptkan oleh Sang Pencipta dengan bergantungan satu sama lain. Oleh sebab itu kegiatan saling menolong sangatlah diperlukan. Hal ini memicu tumbuhnya kesadaran untuk mengikuti kegiatan sosial. Kegiatan sosial terlihat sangat mudah dan remeh untuk dilakukan. Kebanyakan orang menganggap kegiatan tersebut sepele.  Bagi orang awam menganggap kegiatan tersebut hanya menghabiskan waktu, bahkan kegiatan tersebut hanya akan menimbulkan rasa capek, menghabiskan waktu, bahkan bisa saja mengorbankan materi. Bagi orang yang tidak mengetahui arti pentingnya kegitan sosial ini, mereka  malas  untuk melakukannya. Kegiatan sosial  ini sesungguhnya kegiatan yang dapat mendatangkan berbagai keuntungan bagi kita.
Berbagai keuntungan mengikuti kegiatan sosial antara lain menambah relasi kita dengan teman-teman relawan diluar, menambah berbagai pengalaman yang didapatkan selaama mengikuti  kegiatan tersebut, menumbuhkan jiwa sosial kita agar bisa saling membantu satu sama lain, mendatangkan rejeki, menumbuhkan kreativitas dan sebagainya. Alasan orang malas untuk mengikuti kegiatan-kegitan sosial salah satunya mereka merasa tidak mendapatkan reward yang dapat dinnikmati secara nyata. Mereka tidak menyadari bahwwa dengan mengikuti kegiatan sosial orang tersebut menjadi pengalaman dalam berorganisasi, bisa mendatangkan rejeki berupa materi.
Materi dapat kita hasilkan melalui kegiatan sosial apabila kita pandai memanfaatkan kegiatan tersebut dan ikhlas dalam melakukannya. Misalnya kita menjadi relawan untuk korban bencana Gunung Merapi yang meletus pada tahun 2006 kemarin. Kita bisa mengajak para korban untuk menghilangkan depresi mereka dengan kegiatan yang positif seperti memanfaatkan plastik bekas bungkus deterjen untuk dibuat tas cangklik untuk wanita dengan berbagai variasi. Tas tersebut dapat kita kreasi sedemikian rupa sehingga nampak cantik dan menarik. Melalui kegiatan ini selain mereka mempunyai kegiatan, kegitan ini juga dapat menghasilkan uang untuk kepentingan bersama.
Tas tersebut kita titipkan pada toko-toko dan hasil uangnya dapat digunakan kita sebagai relawan untuk sekedar memnuhi kebutuhan kita sendiri dan untuk para korban bencana tersebut. Bagi individu yang menyukai menulis, kegiatan menulis ini juga dapat mendatangkan rejeki bagi anda, bahkan keuntungan yang berlipat.
Kegiatan sosial yang telah diikuti dapat anda tulis lalu di publikasikan dengan mengirimkan tulisan anda ke redaksi, dari hasil tulisan anda tersebut apabila bisa publlish maka nama anda akan terpampang dan hal ini dapat menjad nilai tambah bagi anda didalam menuliskan Daftar Riwayat Hidup, selain itu juga anda akan mendapatkan uang dari hasil tulisan anda yang telah publish tersebut. Keuntungan lain dari mengikuti kegiatan sosial ini adalah anda dapat mencantumkan kegiatan-kegiatan sosial yang pernah anda ikuti didalam CV, dan hal tersebut akan memudahkan anda untuk diterima sebagai anggota suatu organisasi.

2 comments:

  1. Kok tidak ada penulisnya ya? Sulit dong bagi saya untuk mengutip publikasinya.

    ReplyDelete
  2. Memang Bu Nurul pernah po mempraktekkannya? Mana contoh perilakunya? Dampaknya apa bagi pihak penerima manfaat? Ayo dong ditulis pengalaman berbagi dengan sesama.

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top