KIPRAH WAKIL REKTOR, DOSEN & MAHASISWA UP45:

Diposkan oleh Label: di


PERFORMANCE DAY KAMULAN SCHOOL BERLANGSUNG SUKSES


Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Keceriaan wajah anak-anak TK Kamulan semakin memeriahkan acara performance day Kamulan School. Acara yang langsung dibuka dengan fashion show anak-anak yang mengenakan baju dengan desain kreatif menggunakan bahan yang tergolong unik bila dikenakan sebagai baju, seperti kertas kardus, plastik bekas kemasan sabun cuci dan sebagainya. Anak-anak dengan penuh percaya diri berjalan melenggang di catwalk layaknya pragawan-pragawati profesional. Ada pula anak yang mungkin merasa gugup karena disaksikan oleh para orangtuanya dengan berebut memfoto sehingga si anak pun menangis dan segera lari dari atas panggung. Demikian sepenggal dari berbagai kelucuan yang mewarnai kemeriahan acara yang mengangkat tema Earth Day  hasil kerjasama TK Kamulan dengan Fakultas Psikologi UP45 pada Jumat 3 Juni 2016.


Ibu Susilani Ani Maghfirah selaku Direktur Kamulan mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh para orangtua serta kerjasama yang telah terjalin dengan begitu sangat baik selama satu semester dengan Fakultas Psikologi UP45. Ibu  Dewi Handayani H, S.Psi., M.Psi., selaku Wakil Rektor II UP 45 Yogyakarta sebagai perwakilan tokoh memberikan kesan dan pesan apresiasi terhadap TK Kamulan yang penuh perhatian pada lingkungan dan kebhinekaan. 


Kerjasama yang terjalin antara TK Kamulan dengan Fakultas Psikologi UP45 hingga saat ini berupa pendampingan pada murid dengan kegiatan menggambar yang dilaksanakan setiap hari Selasa pada minggu ke 3 dan 4. Kesempatan bagi mahasiswa Fakultas Psikologi yang begitu berharga untuk dapat belajar serta secara langsung berinterkasi dengan anak-anak usia Paud hingga usia Taman Kanak-kanak. Mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 yang diterima menjadi guru TK di TK Kamulan adalah Dewi Larasati dan Ahmmad Mutamakin.


Diterimanya Dewi Larasati sebagai guru di TK Kamulan menunjukkan bahwa mahasiswa psikologi sudah bisa terserap oleh dunia kerja, meskipun ia belum menyelesaikan S1. Selanjutnya Ahmmad Mutamakin dapat diterima menjadi guru TK, karena hendak mematahkan stereotip gender yang ada di masyarakat bahwa guru TK adalah profesi feminin. Selain itu, anak-anak pun membutuhkan figur maskulin untuk bisa dijadikan suri tauladan. TK Kamulan mementingkan adanya keseimbangan dalam kurikulum pengajarannya. Semua ini bisa terjadi karena mahasiswa Psikologi UP45 memang dilatih dalam bidang-bidang yang menjadi passion-nya. Dua mahasisa tersebut senang dengan pelajaran Psikologi Perkembangan, sehingga tidak heran bila mereka berdua dapat lolos dari seleksi ketat di TK Kamulan. Rasanya terbayar sudah segala jerih payah mengabdi di UP45 dan TK Kamulan, dengan melihat generasi emas menyongsong masa depannya dengan ceria.

Tidak sedikit mahasiswa Psikologi UP45 yang berpartisipasi demi kesuksesan performance day TK Kamulan. Mereka antara lain Wahyu Relisa Ningrum, Husna, Tri Welas Asih, dan Nurul. Para mahasiswa tersebut memang dapat diandalkan karena selain berprestasi tinggi secara akademik, senang membantu, dan juga senang dengan dunia anak-anak. Semoga kolaborasi antara Psikologi UP45 dan TK Kamulan bisa berlangsung terus, karena kolaborasi itu ternyata dapat membuat lingkungan sosial menjadi lebih baik. Jayalah Psikologi UP45, jayalah TK Kamulan Yogyakarta.

1 comment:

  1. Enak ya, belum selesai kuliahnya, tapi sudah bekerja. Di sekolah yang keren pula. Bisa nggak ya, aku seperti mereka? Bravo pak Wahyu. Saya pendengar setiamu lho di radio EMC dan RRI. Saya boleh konsultasi langsung pak? Kopdar gitu lho. Bagaimana cara saya menemui pak Wahyu?

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top