KONSEPSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Diposkan oleh Label: di


Elisa
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Kita sering mendengar istilah pemberdayaan masyarakat. Apa sebenarnya arti dari pemberdayaan masyarakat tersebut?. Secara lugas dapat diartikan sebagai suatu proses yang membangun manusia atau masyarakat melalui pengembangan kemampuan masyarakat, perubahan perilaku masyarakat, dan pengorganisasian masyarakat.

Dari definisi tersebut terlihat ada 3 tujuan utama dalam pemberdayaan masyarakat yaitu mengembangkan kemampuan masyarakat, mengubah perilaku masyarakat, dan mengorganisir diri masyarakat. Kemampuan masyarakat yang dapat dikembangkan tentunya banyak sekali seperti kemampuan untuk berusaha, kemampuan untuk mencari informasi, kemampuan untuk mengelola kegiatan, kemampuan dalam pertanian dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Perilaku masyarakat yang perlu diubah tentunya perilaku yang merugikan masyarakat atau yang menghambat peningkatan kesejahteraan masyarakat. Contoh yang kita temui dimasyarakat seperti, anak tidak boleh sekolah, ibu hamil tidak boleh makan telor, yang membicarakan rencana pembangunan desa hanya kaum laki-laki saja, dan masih banyak lagi yang dapat kita temui dimasyarakat. 


Pengorganisasian masyarakat dapat dijelaskan sebagai suatu upaya masyarakat untuk saling mengatur dalam mengelola kegiatan atau program yang mereka kembangkan. Disini masyarakat dapat membentuk panitia kerja, melakukan pembagian tugas, saling mengawasi, merencanakan kegiatan, dan lain-lain. Lembaga-lembaga adat yang sudah ada sebaiknya perlu dilibatkan karena lembaga inilah yang sudah mapan, tinggal meningkatkan kemampuannya saja.

Pemberdayaan Masyarakat pada dasarnya adalah suatu proses pertumbuhan dan perkembangan kekuatan masyarakat untuk ikut terlibat dalam berbagai aspek pembangunan di suatu wilayah. Untuk memberdayakan masyarakatada tiga pendekatan yang dapat dilakukan yaitu Mobilisasi (Community mobilization), Partisipasi Masyarakat (Community participation, Pembangunan Berbasis Masyarakat (Community development)

Ada beberapa pendekatan, tentunya akan diarahkan pada dua tujuan pemberdayaan, yaitu :
  1. Melepaskan masyarakat dari keterbelakangan dan kemiskinan, yang dikenal sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat. Untuk ekonomi, ciri dari konsep pembangunan ekonomi yang saat ini sedang dikembangkan, yaitu paradigma yang berciri : people centered, participatory, empowering and sustainable 
  2. Memperkuat posisi masyarakat dalam struktur kekuasaan, yang dikenal sebagai pemberdayaan politik masyarakat. Dengan kata lain bentuk pemberdayaan yang lebih mengarah pada proses memperkuat posisi masyarakat dalam struktur kekuasaan. Jika berbicara mengenai struktur kekuasaan, maka pemberdayaan masyarakat ini akan memasuki lembaga legislatif, lembaga eksekutif dan lembaga yudikatif.
      3.    Pemberdayaan Masyarakat Pesisir
Lebih di terfokus pada wilayah pesisir dan pulau - pulau kecil, dimana isu pokok permasalahan yang melatarbelakangi adanya memberdayakan masyarakat pesisir adalah masalah lingkungan pesisir, konflik sosial nelayan-nelayan di pesisir serta masalah dana dan program-program pemberdayaan.
      4.    Pemberdayaan Masyarakat Desa
Berbeda dengan yang lainnya, dalam konteks ini berguna dalam pengembangan potensi yang ada dalam masyarakat desa agar bisa lebih mandiri dalam ikut serta dalam kegiatan pembangunan yang berlangsung.


Adannya Konsep Pemberdayaan Masyarakat bertujuan dalam memandirikan masyarakat serta mengembangkan potensi - potensi yang dimiliki oleh masyarakat, masyarakat tidak hanya sebagai penerima hasil tetapi ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan. Tidak hanya sebagai konsep saja, tetapi disini perlu adannya strategi Pemberdayaan Masyarakat, untuk mewujudkan "masyarakat yang berdaya" diperlukan strategi - strategi yang tepat dalam melaksanakan hal tersebut, misalnya memperkuat daya saing, melindungi masyarakat agar tidak menjadi bertambah lemah. Strategi pemberdayaan masyarakat lainnya dapat berupa program - program pembangunan seperti program pembangunan desa.

1 comment:

  1. Kalau masyarakat berdaya (mempunyai akses terhadap kekuasaan, bertambah pandai), nanti kalau berontak terhadap pemerintahan resmi bagaimana? Mungkin pemberdayaan untuk hal-hal yang sifatnya abstrak seperti ilmu. Begitukah?

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top