PENDIDIKAN DARI ORANG TUA MENUNJANG KESUKSESAN ANAK

Diposkan oleh Label: di


Oleh: Nurul Istiyani
Mahasiswa Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Pendidikan dari orang tua merupakan dasar dari pembentukan kepribadian anak. Anak yang sejak kecil dididik dengan cara yang benar maka akan menghasilkan bibit unggul penerus bangsa. Waktu kebersamaan orang tua dengan anak itu lebih lama dibandingkan dengan yang lain. Anak sejak lahir yang pertama kali dia kenali adalah orang tuanya. Oleh sebab itu, orang tua dalam hal inimerupakan salah satu faktor yang sangat menunjang keberhasilan anak. Pendidikan anak sejak kecil yang dimulai dengan orang tua yang demokratis dan disiplin akan membentuk kepribadian seorang anak yang demokratis dan jugadisiplin.
Peran orang tua dalam menunjang keberhasilan anak sangat besar. Sejak kecil anak selalu bersama orang tua. Dari  hal ini maka orang tua dapat menjadi model pada anaknya. Anak sejak kecil harus dibiasakan untuk memperoleh segala sesuatu dengan instan. Pendidikan orang tua yang mengedepankan proses dan ketekunan. Orang tua dalam hal ini juga harus menerapkan pola tersebut agar nantu tidak ada pemberontakan dari anak. Pendidikan seperti ini sudah dilakukan oleh sebagian besar orang tua di cina. Hasilnya pun mereka berhasil mengantarkan anaknya ke pintu kesuksesan. 
Pendidikan orang tua di Cina mereka mengedepankan kreativitas dari bakat anak.  Adanya Semua kegiatan anak setiap hari dijadwal. Anak dituntut untuk disiplin dan teratur dalam melakukan segala sesuatu. Anak dididik untuk mendalami apa yang mereka sukai sehingga bakat anak dapat tersalurkan. Jiwa kompetitif anak perlu dibangun sejak kecil dengan melatihnya berkompetisi kecil-kecilan dimulai dari keluarga. Misalnya  diikutkan lomba menyanyi pada audisi-audisi menyanyi untuk anak kecil jika anak tersebut hobi menyanyi.  Pendidikan yang seperti ini dapat juga dilakukan oleh orang tua yang ada diIndonesia.

Orang tua Indonesia apabila selalu memperhatikan potensi anak dan menggalinya sejak kecil maka akan menciptakan generasi penerus bangsa yang kreatif. Dilihat dari kepandaian anak di Indonesia sebenarnya bangsa ini termasuk bangsa yang memiliki penerus bangsa yang pintar. Terbukti dengan pemenang olimpiade tingkat Indonesia terdapat beberapa anak yang menang. Adanya kesadaran orang tua untuk peduli pada bakat anak sejak kecil. Membiasakan anak untuk tidak menyukai hal yang instan. Menumbuhkan jiwa kompetitif anak. Membentuk kepribadian anak yang tekun dan disiplin , inilah kunci keberhasilan anak yang ditunjang oleh orang tua.

1 comment:

  1. orang tua yg baek yang kayak gimna? di atas gak diterangkan tetang tindakan orang tua. diatas di terangkan tentang pembimbingan.. dan gimna sikap orrang tua di saat anak mnjali sebuah masa artinya saat anak di msa baliita, masa menginjak labil,masa labil, masa mnginjak dewasa dan masa dewasa???... ok terima kasih

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top