TAHUN BARU, SEMANGAT BARU

Diposkan oleh Label: di


Oleh : Agung Si Biji Kurma


Foto : Istimewa
“First they ignore you, then they laugh at you, then they fight you,then you win.”
(Mahatma Gandhi).


Kalimat dari Gandhi di atas adalah yang paling tepat untuk jadi semboyan dalam langkah awal di tahun baru 2013 ini. Pepatah lama sering menyebut bahwa hidup adalah perjuangan, dan setiap pejuangan pada awalnya akan dilecehkan, tidak dianggap, bahkan ditertawakan. Tak cukup disitu, akan ada pihak yang menentang, memerangi, menjatuhkan. Dan ketika kita tidak menyerah, terus maju dengan prinsip kita, maka kita akan menang.
Hal itu dialami oleh setiap orang yang ingin melakukan perubahan dalam hidupnya. Tak peduli orang tua, muda, laki-laki, dan perempuan. Ketika kita berbicara mengenai semangat baru untuk memulai tahun yang baru ini sangatlah penting, sebab dengan semangat baru yang sama atau bahkan lebih dari sebelumnya maka itu semua adalah perubahan yang sangat positif sekali bagi kita semua. Dengan semangat yang baru itulah maka perubahan pasti terjadi kepada kita semuanya, entah perubahan di dalam mencari ide-ide yang kreatif, perubahan dalam menulis artikel, dan perubahan di dalam kebiasaan sehari-hari.
Semangat, semangat memang mudah untuk diucapkan, akan tetapi sangat sulit untuk di terapkan di dalam menjalani kehidupan ini. Terkadang semangat itu akan luntur dengan sendirinya, dan terkadang pula semangat itu akan tetap menuntun kita menuju kepada perubahan yang positif serta berarti bagi kita semuanya. Ini semua tergantung kepada individu masing-masing, apabila ada kemauan atau keinginan maka pastilah dengan mudahnya bisa mengaplikasikannya atau menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Tentukan mulai dari sekarang langkah-langkah apa yang harus kita tempuh agar semangat kita tetap terjaga dan tetap bisa menuntun kita di dalam kehidupan ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk lebih meningkatkan kemampuan yang kita miliki ini, di antaranya adalah dengan semangat. Kita semua pasti butuh seseorang atau siapapun itu untuk terus memotivasi kita agar kita tetap semangat, jadi untuk sobat sekalian, jangan henti-hentinya memberikan motivasi dan semangat kepada teman kita yang lain agar mereka bisa terus berkarya. Hal ini sangatlah penting untuk lebih membuat mereka percaya diri akan kemampuannya itu. Tetap semangat, tetap percaya diri, dan tetap terus berkarya.
Sehingga sobat sekalian tak perlu khawatir tentang “saya kurang semangat, saya jenuh karena pikiran buntu, tak ada yang menjadi inspirasi”. Padahal, inspirasi, ide, dan sejenisnya akan anda dapatkan dengan beragam kegiatan yang mampu memperlebar kapasitas memory otak kita untuk menemukan sesuatu yang baru dan segar. Dari pengalaman saya sebenarnya inspirasi, ide itu bukannya musnah entah kemana, namun terkadang kita hanya terbatas untuk mentransformasi hal-hal yang kita renungkan, nalar untuk menjadi sebuah gagasan, ide yang bagus dan menarik minat orang lain untuk mengetahuinya. Tanpa sadar, terkadang kita memagari diri dengan tembok yang terlalu kokoh sehingga  akan mempersulit  untuk bisa keluar dari baying-bayang diri sendiri.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top