EKSPLORASI PARIWISATA DI INDONESIA

Diposkan oleh Label: di


Teguh Kurnia
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tuhan menciptakan Alam semesta beserta isinya begitu mengagumkan begitu sempurna dan sangat teratur, di berbagai belahan dunia banyak sekali hal-hal mengagumkan yang bersangkutan dengan alam. salasatunya kondisi-kondisi Alam, setiap benua itu berbeda bahkan Negara satu dengan Negara yang lain saja bisa berbeda pula kondisi Alamnya itulah salasatu hal yang menarik dari suatu Negara karena kondisi alamnya yang berbedah dan unik dari Negara-negara lain. Ada Negara yang  terkenal karena sumber daya alamnya melimpa ada Negara yang terkenal dengan Alamnya yang sangat indah dan ada Negara yang terkenal karena sering terjadi fenomena alam, juga ada Negara yang terkenal karena keanekaragaman flora dan fauna. Sudah menjadi tugas setiap menusia untuk melestaraikan alam, memelihara alam, mengembangkan alam, menyelamatkan alam, sampai memanfaatkan alam. Ini semua dilakukan demi menjaga keberlangsungan hidup manusia itu sendiri sebab manusia itu tidak dapat hidup tanpa alam. Sumber kehidupan terbesar manusia itu adalah berasal dari alam jika manusia tidak menyadari akan hal itu maka kehidupan manusia generasi selanjutnya akan menderita oleh prilaku manusia sebelumnya, untuk membuat kondisi alam baik seperti semula tidak mudah seperti menghancurkannya sebab perlu sekian tahun lagi untuk menunggu yang paling utama adalah menyadarkan manusia untuk cinta terhadap Alam seperti mereka mencintai keluarga mereka sendiri karena kesejateraan umat manusia generasi berikutnya pada akhirnya bergantung pada baik buruknya kondisi Alam, manusia harus tersadarkan bahwa berkat alamlah manusia bisah menikmati hidup ini hingga saat ini.
Banyak hal yang membutuhkan penanganan tepat cepat dan tangap dari berbagai pihak saat ini bukan hanya pemerintah saja yang harus bergerak dan bertanggung jawab namun dari swasta hingga yang paling mudapun dituntut untuk terlibat dalam dalam pelestarian Alam dan pengembangan Pariwisata Alam di bangasa Indonesia. Sebagai masyarakat Indonesia mengusahakan khususnya dalam pengelolahan pariwisata Alam di  daerah secara otonom di setiap provinsi dan kabupaten. Masyarakat bahkan para pegawai pemerintah yang bekerja di pariwisatapun dibeberapa bagian Indonesia tidak cukup bergerak dalam mengambil peran pengembangan Pariwisata, sesunguhnya di setiap bagian kepulauan Indonesia memiliki kekayaan Alam namun hanya beberapa tempat saja yang terkenal.

Luwuk Sulawesi tengah kabupaten Banggai di sebuah daerah pedalaman disana ada tempat bersejarah di daerah itu yang sungguh menarik untuk didengar apalagi jika berkunjung kesana sayangnya tempat tersebut belum menjadi tempat pariwisata, di sana ada sebuah sungai yang di dalam sungai tersebut ada sebuah rumah, jika kita masuk di dalam rumah itu tidak ada lagi airnya jadi kita dapat bernapas jika berhasil masuk didalam rumahnya kita dapat melihat didalam rumah itu terdapat piring dan peralatan dapur yang kuno, menurut cerita masyarakat dahulu ini adalah rumah seorang pemudah yang mengutuk desanya karena wanita yang dicintainya menikah dengan pria lain dan perlahan-lahan desa mereka berubah menjadi sebuah sungai.  Tempat ini sangat jauh dari pemukiman warga, dan sayangnya karena lokasihnya yang jauh inilah menjadi alasan bagi pemerintah daerah menyebabkan mereka belum menindak lanjuti agar di rekomendasikan sebagai tempat pariwisata yang padahal  memiliki sejarah tinggi ini.
Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang beraneka ragaman dan jika kita lihat dengan mata dan hati yang terbuka sebenarnya kebudayaan Indonesia itu begitu kaya, sangat menarik, unik, dan tidak ada duanya. Bukankah ini bisa menjadi trik untuk pariwisata tertarik datang kedaerah masing-masing tersebut khususnya menarik pariwisata asing. Jika kita lihat di daerah pedalaman-pedalaman yang ada di Indonesia banyak sekali masyarakat yang masih kental dengan budaya nenek moyangnya walaupun mereka sudah mengenal agama, teknologi, tetapi mereka tetap berpengang pada nilai-nilai keaslian ke budayaannya. Menurut penulis pemerintah sudah seharusnya mencari daerah pedalaman yang masih kental dengan budayanya tersebut ada beberapa yang sudah terlaksanakan di beberapa daerah diIndonesia termasuk Jogjakarta,bali dan lain-lain salasatunya yang membuat tempat tersebut menjadi daya tarik bagi pariwisata kerena kebudayaan yang masih kental tersebut. Namun masih jauh lebih banyak daerah yang belum terlaksanakan diIndonesia ini, jika kita pikir-pikir lagi masyarakat pasti maubekerja sama dengan pemerintah karena keuntungan dari perencanaan pariwisata kebudayaan ini tidak hanya menguntungkan pendapatan pemerintah daerah yang terpenting kebudayaan di daerah tersebut dapat tersiar keluar di kenal dimata dunia. Pertama adalah memberitahu kepada masyarakat di daerah tersebut bahwa kebudayaan mereka sungguh menarik serta unik dan akan di gunakan untuk kegiatan pariwisata agar identitas tentang kebudayaan mereka menjadi ilmu baru untuk para pariwisata seperti berlajar kesenian kebudayaan mereka, bahasa mereka, baju adat, senjata adat. kedua pemerintah meminta agar daerah ini tetap melestarikan kebudayaan mereka ini bukan berarti melarang mereka untuk berkembang melihat dunia luar namun disisi lain ini hanya untuk kepentingan pariwisata kebudayaan. Sebagai suatu contoh adalah daerah kerayan di Kalimantan-Timur perbatasan Indonesia dengan Malaysia, disana kebudayaan masih kental terutama dapat kita lihat pada saat penerimaan tamu dari luar daerah atau orang penting yang datang ke daerah itu maka mereka akan mengadakan penyambutan dengan menarikan sebuah tarian khusus kebudayaan dayak, dan juga setiap setahun sekali diadakan kegiatan kebudayaan orang dayak untuk mengeratkan hubungan kekeluargaan mereka.  Saat kegiatan seperti inilah pemerintah memanfaatkan untuk membuat ajang promosi bagi daerah tersebut untuk di jadikan tempat pariwisata kebudayaan namun sebelum itu pemerintah harus menguji kelayakan daerah tersebut apakah layak untuk di jadikan tempat pariwisata kebudayaan atau tidak sebab faktor keamanan adalah nomor satu di tempat pariwisata khusunya untuk pariwisata budaya ini. Tetapi sayangnya pemerintah setempat tidak menyadari akan hal itu mereka hanya fokus pada pariwisata alam saja.
Manfaatkanlah tenaga, semangat dan pemikiran orang mudah untuk eksplorasi tempat Pariwisata, karena orang mudahlah yang memiliki pikiran dan semangat untuk mengeksplore pariwisata di daerah mereka. Karena itulah pemerintah Indonesia harus serius memperhatikan pariwisata di Indonesia pemerintah memerlukan orang-orang yang berkompetensi untuk memelihara Alam, mencintai Alam dan berkompetensi di bidang pariwisata karena tugas mereka adalah mempromosikan, orang-orang yang berkompetens ini bekerja sama dengan masyarakat setempat khususnya kalangan mudah yang mencintai alam agar pemuda indonesia ikut terlibat dalam menjaga lingkungan Alam, dan ikut ambil bagian dalam mensejaterakan Indonesia. salasatu kendala penghambat perkembangan pariwisata di Indonesia khususnya di daerah-daerah provinsi dan kabupaten adalah karena orang-orang yang bekerja di Pariwisata kebanyakan adalah bukan mereka yang mencintai alam dengan sungguh-sungguh bekerja untuk pariwisata dengan kata lain mereka bekerja disitu atas penempatan kepegawaian dari pemerintah atau swasta setempat. Saat ini sangat butuhkan orang yang sepenuh hati memberi diri untuk mengeksplorasi pariwisata di Indonesia baik pariwisata Alam maupun Budaya.      

Citation :
Teguh Kurnia. (2013). Eksplorasi Pariwisata di Indonesia. Tulisan ini dipersiapkan untuk Lomba Penulisan Otonomi Daerah, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Isran Noor), pada Desember 2013 – Maret 2013.


   
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top