MENGAPA PADA PROBLEM PIPE STICKING, PIPA MASIH DAPAT DIPUTAR TETAPI TIDAK BISA DIANGKAT

Diposkan oleh Label: di
Rauf Wanda A.N.R
Teknik Perminyakan
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





Banyak sekali problem yang timbul pada saat pemboran dilaksanakan, baik secara teknis maupun faktor lain. Hal itu pun tidak luput dari kesalahan sumber daya manusianya ataupun dari segi alat yang digunakan. Tentu diperlukan analisa baik sebelum dilaksanakan ataupun evaluasi selama pelaksanaan pemboran berlangsung. Salah satu dari problem yang dibahas adalah Pipa Terjepit atau dikenal dengan problem pipe scticking pada saat pemboran berlangsung.
Problem Pipe Sticking saat dilakukan pemboran, dimana pipa pemboran / drill pipe yang kita gunakan terjepit oleh dinding formasi pada batuan porous, tetapi tidak permeabel seperti pada formasi batuan shale. Sehingga, pipa tidak dapat diputar ataupun diangkat karena terjepit oleh formasi batuan ini, pemboran pun belum dapat dilanjutkan sampai problem ini diselesaikan. Namun, pada bahasan ini pipa yang terjepit masih dapat diputar, tetapi tidak dapat diangkat.
Pengaruh dari problem ini adalah differential pipe sticking, dimana kejadian rangkaian pipa pada salah satu dinding lubang bor karena adanya perbedaan tekanan antara tekanan lumpur dengan tekanan formasi yang permeabel. Indikasi awal terjadinya differential pipe sticking ditandai dengan tidak adannya rangkaian pipa bor yang tidak dapat digerakkan, tetapi masih dapat berputar dan sirkulasi masih dapat dilakukan. Seperti contoh saat kita menembus formasi sand/batu pasir.


Karakteristik dari formasi tersebut apabila kita menembusnya dengan ROP atau tekanan yang berlebih, maka sifat dari batuan tersebut semakin mengikat pipa pemboran yang digunakan, sehingga pipa tetap bisa berputar tetapi apabila dinaikkan atau diturunkan tidak bisa karena efek dari sifat batuan formasi tersebut.
Langkah penyelesaiannya kita harus berhati-hati dan tetap menjaga Rate of Penetration (ROP), Weight on bit (WOB), Rotation per Minute (RPM), dan berat total pipa yang kita gunakan serta tekanan yang diberikan pada saat proses selama menembus formasi tersebut.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top