TEKNIK PEMBORAN : Bottom Hole Assembly

Diposkan oleh Label: di


Rauf Wanda A.N.R
Teknik Perminyakan
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Peralatan-peralatan lubang bawah yang khusus adalah peralatan yang digunakan dalam pemasangan dasar lubang (Bottom Hole Assembly) dari batang bor. Bottom Hole Assembly merupakan istilah secara umum untuk menyatakan gabungan dari drill collar dan berbagai macam alat penggesek dan alat-alat khusus pada 37 meter bagian bawah batang bor. Alat-alat ini digunakan untuk mengatur kelakuan-kelakuan mata bor selama operasi pengeboran. Terdapat tiga tipe utama Bottom Hole Assembly yang khusus diantaranya Stabilisator, Sanggurdi, dan Peredam Kejut.
Bottom Hole Assembly digunakan untuk menjaga agar lubang sumur tetap vertikal selama proses pengeboran serta mengontrol kemiringan bilamana arah lubang arah lubang harus diganti atau melakukan side tracking karena menghindari fish yang tidak bisa diangkat sehingga harus dilakukan plug dengan semen. Manfaat lain digunakan untuk meluruskan lubang bor yang melengkung atau menggeser Titik Dasar Lubang (TDL) ke suatu titik yang lain.
Dari masing-masing peralatan mempunyai fungsi sendiri. Stabilisator untuk menjaga keseimbangan mata bor dan drill collar di dalam lubang sewaktu pengeboran. Menjaga ketetapan ukuran lubang yang telah dibor dan membantu menengahkan drill collar maka digunakan sanggurdi pemutar (Rotary Reamer). Pada bagian bawah pemasangan drill collar digunakan Peredam Kejut (Shock Sub) untuk menyerap getaran dan setiap beban kejut yang mungkin terjadi akibat aksi pemotongan mata bor waktu mengebor batuan keras, patahan dan lapisan batuan lunak berganti-ganti sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan batang bor dan juga rig-nya sendiri.  


Drill Collar segi empat selain untuk menambah beban pada batang bor bagian bawah, digunakan juga sebagai stabilisator lubang bawah yang khusus dengan penempelan dinding yang maksimum untuk stabilitas. Kekurangan dari penggunaan drill collar segi empat adalah bila bagian yang menempel di dinding (aus) biaya perbaikan amat mahal. Mata Bor (Bit) digunakan memotong atau membor lubang sumur selama pekerjaan berlangsung. Mata bor digantung di dasar batang bor.
Semua komponen-komponen, tugas dan operasi yang dilakukan pada rig adalah langsung ataupun tidak langsung dihubungkan dengan pengeboran sumur bor.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top