WO & WS DALAM INDUSTRI MIGAS

Diposkan oleh Label: di

Rauf Wanda A.N.R
Teknik Perminyakan
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Istimewa
Memenuhi kebutuhan energi berbahan fosil, seperti minyak mentah ataupun energi lain seperti kondesat, dan gas alam dibutuhkan lapangan minyak dan gas bumi. Tentu saja sebelum dilakukan pemboran sebagai sumur produksi. Fungsi mengoperasikan sumur adalah mempertahankan tekanan dalam reservoir dalam formasi (sumur injeksi). Seiring berjalannya waktu, cepat atau lambat, semua sumur nantinya akan mengalami penurunan produksi (decline).
Penyebab penurunan produksi disebabkan oleh banyak problem baik secara mekanis di dalam sumur atau dari reservoirnya. Reparasi bertujuan untuk mempertahankan atau meningkatkan produksi dari sumur. Pekerjaan ini dilakukan oleh kontraktor perawatan sumur dan kerja ulang. Kontraktor yang menjalankan pekerjaan ini sering disebut dengan service company. Kontraktor tersebut mempunyai peralatan yang portabel. Peralatan ini dirancang untuk pekerjaan khusus yang dibutuhkan untuk mengembalikan sumur  produksi kembali ke target yang diharapkan.
Perawatan sumur (well service) merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan operasi-operasi yang diperlukan dengan tujuan mempertahankan produksi. Perawatan sumur, erat hubungannya dengan instalasi pengangkatan buatan (artificial lift), reparasi rangkaian tubing dan peralatan bawah permukaan lainnya yang membutuhkan perawatan. Peyebabnya meliputi pengikisan (erosion), keausan mekanis, dan korosi.
Kerja ulang sumur (workover) adalah setiap pekerjaan yang dilakukan untuk mengganti, mengubah atau mengolah zona produktif pada reservoir untuk mencapai interval produksi yang cukup lama. Mengubah zona produksi dapat dilakukan dengan cara re-komplesi ke zona lain, re-komplesi pada zona yang sama tetapi interval perforasi berbeda, dan memperbaiki kegagalan penyemenan casing.

Issu saat ini mengenai istilah pekerjaan WO&WS yang sudah tercampur baur. Hal tersebut tergantung pada kebiasaan pemakaian istilah oleh masing‑masing perusahaan minyak ataupun service company yang melakukan pekerjaan tersebut. Adakalanya istilah workover dimaksudkan juga untuk pengerjaan pekerjaan well service sepanjang yang mengerjakannya menggunakan rig. Hakikatnya, kedua pekerjaan di atas dari workover dan well service memiliki hal yang sama dalam segi tujuannya, yaitu untuk mempertahankan produksi sumur. Dalam artian ekonomis, adalah meminimalkan penggunaan biaya selama prosuksi dilakukan.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top