ANAK HIPERAKTIF

Diposkan oleh Label: di


Naurmi Rojab Destiya
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

 Memahami makhluk tuhan yang berjenis manusia memang sangat sukar, karena berbagai macam sifat manusia, bahwa manusia memiliki kemampuan melahirkan rasa senang, sedih dan mempunyai kemampuan untuk bergerak, berfikir, berjalan, berbicara dan bertindak.
Dari berbagai macam ragam manusia memiliki kebutuhan khusus yaitu ADHD (Atleakon Deficit Hyperactifvity Discorder) adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktifitas motorik anak hingga menyebabkan aktifitas anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan.
Hal ini ditandai degan berbagai keluhan perasaan gelisah, tidak bisa diam, tidak bisa duduk dengan tenang dan selalu meninggalkan keadaan yang tetap seperti duduk atau berdiri.
Beberapa kriteria yang lain sering digunakan adalah suka meletup meletup aktifitas berlebihan dan suka membuat keributan. (wikipedia Bhs.Indonesia,n,d)
·         Problem yang biasanya dialami oleh anak hiperaktif :
1     .    di Sekolah
Anak tidak mampu mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru nya dengan baik.
2     .    di rumah
Anak hiperaktif biasanya lebih mudah cemas dan kecil hatinya, mudah cepat marah apabila keinginannya tidak terpenuhi, reaksinya anakpun menolak dan berontak . Orang tua pun menjadi cemas, stres dan lingkungan kondisi rumah pun menjadi tidak nyaman.
·         Pengendalian untuk anak hiperaktif :
1    .    Menarik perhatian anak secara terarah, mengajak anak untuk melakukan kegiatan atau bermain bersama yang sesuai dengan keinginan si anak.
2     .    Melatih respon terarah atau memberi tanggapan . misalnya  mengajak anak bermain bola tangkap anak diminta untuk meneruskan atau melempar bola.
3     .    Anak dilatih untuk mempertajam pengamatan atau permaianan, memfokuskan perhatian pada satu sisi kegiatan atau permainan. Contohnya bagaimana  cara menyusun balok balok agar menjadi rumah. (surya,2005)
Dengan demikian cara yang dapat digunakan untuk mengatasi anak hiperaktif. Kunci kebrhasilannya adalah kesabaran untuk membantu anak dalam mengontrol emosi dan membina perilaku yang lebih baik. Demi kebahagiaan anak tersebut dan keluarga disekelilingnya.

DAFTAR PUSTAKA
Surya,H.(2005) kiat mengatasi penyimpangan perilaku anak 2.Jakarta: Elex Media Komputindo
Wikipedia.(n.d).ADHD Retrieved from : Http://id.m.wikipedia.org/wiki/ADHD


Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top