Jujur Itu Indah

Diposkan oleh Label: di



DODI HIDAYAT
FAKULTAS HUKUM 
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

       Kehidupan tentu tidak jauh dari kesalahan, namun kesalahan itu bisa diperbaiki dengan kejujuran. Karena hidup tanpa kejujuran maka hidup tidak akan tercipta kebahagiaan, aman, tentram dan selamat. Perlunya seseorang untuk berlaku jujur seharusnya dijadikan sebagai kepribadian yang abadi dalam hati seseorang. Oleh karena itu, kebiasaan jujur perlu dilestarikan untuk melatih dan berproses menjadi orang jujur. Dan secara logika berlaku jujur banyak manfaatnya bukan hanya dalam hubungannya dengan Tuhan, akan tetapi hubungan dengan sesama manusia dan alam semesta. Bahkan hewan pun tidak luput dari kesalahan dan kebohongan. Maksudnya belajar ketidak jujuran lewat hewan, pada saatnya manusia pun akan menjadi korban kebohongan kita.
Pada zaman sekarang masih adakah yang masih mau berkata jujur ? memang berat untuk mengungkapkannya. Karena kejujuran artinya meredam kebohongan dengan meredam kebohongan bererti mencegah kemunafikan. Berkata jujur dan berbicara apa adanaya kepada orang lain memang sulit adanya. Namun, mungkin itulah jalan yang terbaik untuk diri sendiri dan orang lain agar diri seseorang dan orang lain dapat berpikir dalam berbuat dan bertindak. Seseorang harus pandai menyikapi dalam berkata jujur, kebiasaan berkata jujur adalah cerminan orang yang bermartabat, baik di hadapan menusia apalagi di hadapan Allah SWT, hidup menjadi tenang dan terarah. Perhatikanlah seseorang yang selalu berkata jujur, tutur katanya sopan kemudian tidak memaksa dan pembawaannya tenang, akan tetapi berbeda dengan seseorang yang suka berbohong. Seakan kebohongan menjadi senjata yang ampuh dalam menghindar dari satu masalah yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri.
Tunjukkanlah budaya jujur di manapun dan kapanpun untuk siapapun agar semua orang dapat merasakan kebahagiaan dari manfaat berkata jujur. Jika pegawai, pegawai yang jujur, jika pejabat, pejabat yang jujur, dan jika pemimpin, pemimpin yang jujur. Maka masyarakat atau rakyat ini senantiasa akan menjadi tenang dan makmur. Bukan malah sebaliknya ada yang mengatakan hidup jujur itu tidak makmur, itu pandangan yang sangat salah sekali. Karena bila seseorang jujur apapun pekerjaan orang itu, maka akan disenangi oleh banyak orang. Akan tetapi sebaliknya bila kita selalu berbohong, maka akan membuat hati resah dan selalu merasa salah karena selalu berbuat bohong. Karena kejujuran menyangkut segala urusan kehidupan dan kepentingan orang banyak. Kepada manusia allah SWT memerintahkan agar mempunyai perilaku yang jujur.
       Rasulallah SAW adalah merupakan contoh terbaik dan seorang yang memiliki pribadi utama dalam hal kejujuran. Hendaklah kamu semua bersikap jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan membawa ke surga. Seseorang yang selalu jujur dan mencari kejujuran akan ditulis oleh allah sebagai orang yang jujur ( shidiq ). Dan jauhilah sifat bohong, karena kebohongan membawa kepada kejahatan, dan kejahatan membawa ke neraka. Orang yang selalu berbohong dan mencari-cari kebohongan, akan ditulis oleh allah sebagai pembohong ( kadzdzab ). (H.R. Bukhari).


Daftar Pustaka :
 http://saputra51.wordpress.com/2012/03/24/indahnya-suatu-kejujuran

Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top