Palajaran Berharga dalam Makrabku

Diposkan oleh Label: di


Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Malam akrab gabungan fakultas psikologi dan ekonomi dilaksanakan pada tanggal 2 – 3 November  2013 bertempat di Villa Bella Plaza Kaliurang. Perjalanan ke kaliurang kurang lebih menempuh waktu  satu jam lebih. Kegiatan hari pertama malam akrab adalah sharing organitation yang dibawakan oleh Kak Ahmad Yani. Dalam sharing ini peserta makrab bisa menceritakan pengalaman - pengalamannya selama berorgangisasi (bagi yang akif berorganisasi) dan menambah pengetahuan bagi peserta lain yang kurang aktif dalam sebuah organisasi. Sebenarnya apa sih arti organisasi sendiri? Adakah faktor  penunjang seseorang dalam berorganisasi? Dan masalah apa yang sering muncul dalam sebuah organisasi itu?
Organisasi adalah perkumpulan manusia yang bertujuan untuk mencapai suatu tujuan           yang sama. Ada dua faktor penunjang seseorang dalam berorganisasi yaitu Public Speaking dan Public Relation. Public Speaking merupakan cara atau kemampuan seseorang  dalam berbicara didepan umum, sedang Public Relation sendiri adalah bagaimana seseorang bekerja sama dengan orang lain agar  suatu organisasi itu berkembang dan langgeng. Masalah yang sering muncul dalam organisasi yaitu adanya perbedaan pendapat  antar anggota yang kadang bisa  menghambat keberlangsungan suatu organisasi. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan kesabaran dalam menyikapi perbedaan itu juga sikap menghargai dan menerima pendapat orang lain. Masalah lain  adalah adanya miscomunication (kurang komunikasi)  antar anggota yang bisa disebabkan karena jarangnya pertemuan dalam organsasi tersebut, sehingga tali silaturahmi diantaranya tidak erat. Kejujuran juga menjadi hal yang sangat penting dalam berorganisasi dan dalam menjalankan usaha, apapun itu.
Setelah kegiatan sharing organitation kami istirahat untuk makan, mandi, dan sholat. Lalu tibalah pada malam inagurasi yang acaranya dimulai pada pukul 20.00 WIB. Malam inagurasi berisi pementasan seni dari para mahasiswa baru angkatan 2013 yang sebelumnya telah dibagi perkelompok sebelum diadakannya malam akrab ini. Pementasannya sendiri berupa pembacaan puisi, drama, musikalisasi, dan gerak lagu. Sesekali diselingi dengan pembacaan surat cinta dari mahasiswa baru untuk kakak tingkat dan pengalaman selama di Universitas Proklamasi 45. Setelah semua kelompok selesai menampilkan kebolehannya, dilanjutkan dengan pemutaran film yang berjudul “ Hachiko “. Banyak pesan moral  yang bisa diperoleh dari film ini antar lain kesetiaan seekor hewan  peliharaan terhadap tuannya, dalam film ini Hachi (anjing peliharaan) selalu menunggu kedatangan si tuan di stasiun sampai tuannya meninggal dunia. Setelah meninggalpun Hachi masih setia menunggu tuannya di stasiun, berharap tuannya akan kembali lagi karena rasa kehilangannya yang begitu besar. Film ini juga mengajarkan kepada kita harus bersikap baik terhadap semua makhluk ciptaan- Nya. Malam inagurasi ini sendiri baru berakhir kurang lebih pukul 00.30 WIB. Setelah itu kami disuruh tidur, agar kondisi kami fit untuk menjalankan kegiatan esok hari.
Kegiatan malam akrab gabungan fakultas ekonomi dan  psikologi hari kedua diawali dengan  senam pagi pukul 06.00 WIB yang di pandu oleh Kak Asri. Setelah senam yakni antara pukul 07.00 WIB – 08.00 WIB kami diajak berjalan – jalan disekitar Villa untuk menikmati indahnya panorama kaliurang dan sejuknya udara pagi. Lalu pada pukul 09.00 WIB dilanjutkan dengan outbond. Dalam outbond ini terdiri dari enam pos yang disetiap pos diberikan game dan soal sebagai kunci untuk melanjutkan ke pos berikutnya. Game yang diberikan pun walau sederhana tetapi memiliki banyak pesan didalamnya. Dimulai dari Pos 1 yaitu jembatan, peserta diharuskan berpindah tempat dengan tiga buah bata tanpa menginjak tanah atau rumput. Disini kita diajarkan untuk belajar keseimbangan dan kekompakan dalam tim. Berlanjut ke pos 2 yaitu jebakan maut, peserta diharuskan melewati kotak dengan urutan atau aturan tertentu, pesan yang terkandung dalam pos ini adalah problem solving (pemecahan masalah), melatih daya ingat dan leader ship. Pos 3 Leadership, peserta harus menirukan perintah yang diberikan oleh pemandu dengan gerakan, game ini melatih kekompakan, konsentrasi, insting, komunikasi antar tim, dan yang paling penting adalah kepercayaan terhadap pemimpin walaupun terkadang pemimpin tidak selamanya benar. Pos 4 yaitu borgol, dua orang peserta diikat dengan tali dipergelangannya dengan posisi menyilang, tugas peserta adalah melepaskan borgol tersebut tanpa membuat tali terlepas dari pergelangan tangan. Ini mengajarkan tentang problem solving. Lalu di pos 5 permainan zig-zag , pesan dari permainan ini adalah komunikasi dalam tim sangat penting, kekompakan, melatih berfikir cepat, saling pengertian dan kecerdasan. Pos terakhir adalah pos 6 yaitu pesan berantai peserta harus menyampaikan pesan kepada teman secara berantai dan dilaporkan kembali kepada pemandu. Pesan dari pos 6 adalah cara memanage memory dan memanggilnya kembali saat diperlukan, meningkatkan pola pikir, konsistensi dalam mengucapkan kata, kerjasama dalam tim, dan yang paling penting adalah jangan menyepelekan hal – hal kecil karena dari hal kecil tersebut justru kadang yang menjadi besar. Kegiatan Outbond berakhir  pada pukul 12.00 WIB. Setelah itu makan dan kembali ke bascamp untuk  persiapan acara penutupan makrab.
Dalam upacara penutupan ini juga diumumkan pemenang lomba yaitu kelompok terheboh diberikan kepada kelompok 4, kategori juara outbond 2 diraih kelompok 3, Kelompok 5 memborong kategori kelompok terdisiplin dan juara outbond 1, Kelompok 1 meraih juara pensi 2, dan juara pensi 1 diberikan kepada kelompok 2. Lalu pada pukul 14.00 WIB acara malam akrab gabungan fakultas psikologi dan ekonomi resmi ditutup.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top