PERJUANGAN ADALAH AMANAH

Diposkan oleh Label: di


Dodi Hidayat
Fakultas  Hukum 
Universitas Proklamasi 45

            Perjuangan adalah suatu usaha atau pengorbanan yang dilakukan oleh seseorang dengan tekat yang kuat dan dilakukan dengan penuh keikhlasan untuk menempuh suatu rintangan-rintangan yang dilalui. Perjuangan yang dilakukan oleh setiap orang untuk mencapai kepuasan dalam hidup itu, merupakan amanah atas kehendak yang maha kuasa. Karena setiap perjuangan itu memiliki nilai-nilai positif tersendiri yang berguna untuk meningkatkan semangat dan tekat yang pasti setiap orang akan mengalami itu dengan bermacam-macam bentuk perjuangan. Kata perjuangan tidak hanya dilakukan di dalam peperangan saja, dalam kehidupan sehari-hari pun bisa disebut juga dengan nilai perjuangan. Karena setiap apa-apa yang dilakukan oleh kita itu pasti ada tujuannya dan tujuan itu pasti disertai dengan usaha atau pengorbanan. Tanpa perjuangan manusia tak dapat hidup sempurna. Apabila manusia ingin menjadi kaya, ia harus kerja keras. Bila seseorang ingin menjadi seorang ilmuwan, maka ia harus rajin belajar dan sebagainya.
Kerja keras itu dapat dilakukan dengan menggunakan otak maupun tenaga, dan bias juga menggunakan keduanya. Kerja keras pada dasarnya adalah suatu bentuk bahwa manusia itu menghargai dan meningkatkan harkat dan martabat manusia itu sendiri. Karena itu tidak boleh bermalas-malasan, bersantai-santai dalam hidup ini. Santai dan istirahat ada waktunya dan manusia itu sendiri yang mengaturnya. Kemudian mengenai amanah, arti dari amanah itu sendiri yaitu dapat di percaya. Maksudnya bahwa amanah itu selalu melibatkan dua belah pihak yang dari keduanya ada yang menjadi si pemberi amanah dan ada yang menjadi penerima amanah dan hal tersebut dapat dijelaskan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya amanah dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam kehidupan berorganisasi. Dalam berorganisasi apakah ada amanah di dalamnya ? Tentu ada. Amanah apa yang dipikul oleh seorang pemimpin atas anggota yang dipimpinnya. Tidak lain adalah untuk mengajak, membimbing, dan mengarahkan anggotanya untuk berprilaku yang baik, sehingga mereka tidak hanya sejahtera di dunia akan tetapi juga di akherat kelak. Maka dari itu perjuangan menjadi seorang pemimpin dalam sebuah organisasi adalah amanah yang dimana harus dijaga dengan baik-baik.
             Surat AlFurqaan Ayat 052 yang berbunyi : “Oleh itu, janganlah engkau (Wahai Muhammad) menurut kehendak orang-orang kafir, dan berjuanglah dengan hujjah-hujjah Al-Quran menghadapi mereka dengan perjuangan yang besar dan bersungguh-sungguh.
            Surat Al-Anfal ayat 27 : “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati (amanah) Allah dan RasulNya, dan (Janganlah) kamu mengkhianati amanah-amanah kamu, sedang kamu mengetahui (salahnya).

Daftar Pustaka :
(http://sigir.uitm.edu.my/svsi/dapatQH3.php?akar=Q029006& mula=2&pmula=1)
(http://www3.pmo.gov.my/webNotesApp/RqrMainM.nsf/9ca3c988a579811f48256722002425dc/4265ded5583de07c482566cd00323c69?OpenDocument)

Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top