“PERKEMBANGAN KEDEWASAAN BUDI”

Diposkan oleh Label: di


Jati Pramono
13.310.410.1051
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Budi adalah seorang siswa SMAN 1 Jayanegara  kelas XI program IPA, setiap hari budi bangun jam 5 pagi, kemudian tidak lupa mengatur jadwal dengan membantu orang tua seperti membeli lauk pauk, mencuci piring dan mengelap sepeda kesayangannya, ia berangkat ke sekolah jam 06.30 dengan mengendarai sepeda, kebetulan jarak dari rumah ke sekolah tidak terlalu jauh hanya 2 km. Budi termasuk siswa kreatif dan memiliki kepribadian sanguinis yaitu kepribadian spontan, humoris, suka keramaian, terbuka, lincah dan terkadang suka menjadi MC diacara sekolah maupun kampungnya.
            Ia memiliki bakat sebagai seorang MC karena Budi mahir dalam berkomunikasi baik formal maupun informal. Komunikasi formal misalnya ia pandai dalam menerapkan gaya bahasa, baik jawa maupun indonesia ketika sedang berhadapan dengan guru, kepala RW/RT, orang tua maupun masyarakat, sehingga banyak orang yang suka berbincang-bincang dengannya karena kelembutan suara, kerendahan hati serta santun. Komunikasi informal misalnya ia pandai bergaul dengan teman sejawatnya dengan menggunakan bahasa gaul sehari-hari. Hal ini sejalan dengan teori Maslow dalam Bab 10 (1954,1971 dalam King, 2010) bahwa Aktualisasi diri adalah motivasi untuk mengembangkan potensi penuh seseorang sebagai manusia, sebagai seorang orang yang spontan, kreatif dan memiliki kapasitas yang polos untuk menjadi mengagumkan.
            Pengendalian yang biasa Budi lakukan yaitu dengan berolah raga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuhnya, mengkonsumsi banyak sayur dan buah untuk kebutuhan vitamin C sehingga tidak mudah sariawan serta memperkaya kosakata dengan rajin membaca buku bacaan setiap hari selama 15 menit. Dengan berolah raga secara teratur maka, kesehatan Budi terjaga akibatnya kegiatan MC dapat ia lakukan dengan baik. Karena kalau ia sakit kegiatan MC dan lainnya akan terhambat.
            Prediksi yang akan Budi alami  ialah apabila Budi rajin menjaga dengan berolah raga maka, yang akan terjadi adalah aktivitas Budi akan sehat dan aktivitas MC nya lancar. Tidak menutup kemungkinan ketika ia sehat kegiatan Budi untuk belajar menguasai kata-kata sebagai modal menjadi MC menjadi lancar sehingga bukan tidak mungkin Budi suatu saat akan menjadi Primadona MC terkenal di daerahnya bahkan sampai luar daerah.

Daftar Pustaka
King, A. L. (2010). Psikologi Umum sebuah pandangan apresiatif. Edisi ke-2. Marwensdy, B.Trj. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
 

Back to Top