KIPRAH MAHASISWA PSIKOLOGI UP45 DALAM BIDANG MENULIS:

Diposkan oleh Label: di


SWARA KAMPUS SEBAGAI INSPIRASI JURNALISTIK BAGI MAHASISWA


Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Keinginan para mahasiswa untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang jurnalistik dapat terpenuhi ketika mahasiswa perwakilan dari berbagai universitas di Yogyakarta mengikuti Pelatihan Jurnalistik di Aula Kedaulatan Rakyat, Jl. Margo Utomo (P. Mangkubumi), No.40-42, Lantai 2, Yogyakarta. Peserta pelatihan adalah mahasiswa dari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, UPN Veteran Yogyakarta, UIN, UGM, UMY, UST, Universitas Atmajaya. Pelatihan itu diadakan pada 23 Juli 2016. Utusan dari Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 ada dua mahasiswa yaitu Achmad Rusdiyan Yazid dan Wahyu Relisa Ningrum. Mereka berdua memang senang dengan kegiatan menulis di kampus.


Bapak Drs. Krisno Wibowo, M.Si. selaku koordinator dan penanggung jawab Swara Kampus menyampaikan materi tentang jurnalistik. ”Jurnalistik itu aplikatif, tidak hanya edukatif. Menulis berita tidak sama dengan menyusun tulisan biasa. Ada kriteria tertentu yang harus diperhatikan ketika seseorang menulis berita. Mulai dari mencari berita yang mempunyai pengaruh yang signifikan, penokohan, kedekatan emosional, bersyarat (intuisi), dan konflictual”, ungkap Krisno.

Antusiasme peserta ditunjukan dengan banyaknya pertanyaan yang terlontar di sesi tanya-jawab. Kegiatan pelatihan sukses memotivasi sehingga seluruh peserta secara aktif mengikuti praktek menulis berita dengan fakta-fakta yang telah disediakan sebelumnya. ”Materi dijelaskan dengan sederhana dan menarik sehingga mudah dipahami”, ungkap Achmad Rusdiyan Yazid, mahasiswa FakultasPsikologi UP45.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Bapak Krisno, ”Dalam menulis berita terbagi menjadi dua tahap, yaitu sebelum menulis dan mulai menulis. Tahap sebelum menulis terdiri dari memilih kata, menggunakan kata, menyusun kalimat, merangkai berbagai kalimat menjadi alinea dan merangkai berbagai alinea menjadi kalimat yang utuh. Tahap mulai menulis terdiri dari menetapkan angle, memilih ragam berita, memilih lead, memilih struktur tubuh berita dan memilih penutup berita”.

”Banyak manfaat yang diperoleh setelah mengikuti pelatihan jurnalistik bersama Swara Kampus, Kedaulatan Rakyat. Relasi teman dari berbagai kampus bertambah dan mendapatkan pengetahuan yang lebih tentang jurnalistik. Terima kasih kepada Bapak Agung Wibawanto selaku pengasuh Rubrik Swara Kampus, Kedaulatan Rakyat yang telah berkenan mengundang para mahasiswa untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik. Semoga kami lebih termotivasi mengembangkan hob imenulis dan mampu terlibat dalam peliputan berita”, ungkap Wahyu Relisa Ningrum, mahasiswa Fakultas Psikologi UP45.

1 comment:

  1. Aku juga mau ikut ke KR, belajar menulis. Caranya bagaimana ya? Ada yang bisa beritahu aku? trims ye.

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top