STRATEGI MEMPERTAHANKAN ‘KAPAL’ KELUARGA PADA KELUARGA YANG ANGGOTANYA SALING BERJAUHAN

Diposkan oleh Label: di


USAHA MENTERJEMAHKAN VISI PRODI SERTA KEGIATAN
PUBLIKASI DOSEN PADA TINGAKT NASIONAL

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Latar belakang tulisan ini ada tiga. Pertama, dengan semakin lancarnya transportasi dan semakin bertambahnya penduduk Indonesia, maka kita semakin sulit mendapatkan pekerjaan yang berada di dekat tempat tinggal. Keluarga menjadi tercerai-berai, sehingga lembaga perkawinan menjadi terancam bubar. Pertanyaannya adalah apakah modernisasi telah membuat situasi keluarga menjadi lebih buruk? Apakah tidak ada usaha-usaha untuk mengatasinya?

Usaha-usaha untuk mengatasinya adalah dengan mengubah pola komunikasi. Gunakan komunikasi yang modern yang bisa menjangkau pasangan di lokasi pekerjaannya dengan cepat. Selain itu usahakan isi komunikasi bernuansa positif, sehingga pasangan yang jauh dari keluarga merasa tenteram.


Latar belakang kedua dari tulisan ini adalah adanya kebutuhan untuk menterjemahkan visi prodi Psikologi UP45. Kata kunci dari visi prodi Psikologi adalah iptek, sumber daya manusia, energi, dan eksponen angkatan 45. Tulisan ini tertuju pada kata-kata sumber daya manusia. Tidak sedikit lulusan Prodi Psikologi UP45 mempunyai profesi di perusahaan minyak di lepas pantai. Dampaknya adalah mereka harus berpisah dengan keluarga secara reguler yaitu 2 minggu bekerja di lepas pantai dan 2 minggu libur bersama keluarga. Kadang kala, libur 2 minggu itu digunakan perusahaan untuk training. Jadi praktis dalam sebulan, seorang staf yang bekerja di perusahaan minyak hanya bisa bertemu dengan keluarga satu minggu saja.

Latar belakang ketiga dari tulisan ini adalah adanya kebutuhan untuk publikasi di kalangan dosen pada level nasional. Partisipasi dosen dalam seminar nasional adalah bukti bahwa dosen mengikuti kata-kata bijak publish or perish yaitu mempublikasikan karya atau mati. Dosen yang tidak pernah mempublikasikan karyanya adalah dosen yang tidak dapat dijadikan suri tauladan bagi mahasiswanya.

Sebagai catatan, tulisan lengkap naskah ini sudah dipresentasikan dalam ajang nasional atau call for paper di Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang (Unmer), pada 21 Juni 2014. Versi lengkap dan resmi dari naskah ini ada pada lampiran di bawah ini. Semua naskah karya dosen direncanakan akan dipublikasikan melalui majalah Kupasiana dan juga media daring lainnya. Publikasi daring ini untuk memenuhi azas transparansi, penyebarluasan gagasan, dan juga untuk mempermudah proses akreditasi Program Studi Psikologi UP45 serta akreditasi institusi.


Suggested citation:

Shinta, A., Listiari, E. & Bimono (2014). Strategi mempertahankan ‘kapal’ keluarga pada keluarga yang anggotanya saling berjauhan. Prosiding Seminar Nasional ”Ketahanan Keluarga Sebagai Aset Bangsa: Pengelolaan Mutu Keluarga & Perkawinan untuk Persiapan Generasi Muda yang Berkualitas”. Malang: Unmer Press & Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang. No. ISBN. Halaman.












Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top