MENGEMBANGKAN DAN MEMPOPULERKAN LEMBAGA PENDIDIKAN SECARA CERDAS

Diposkan oleh Label: di


MOU FAKULTAS PSIKOLOGI UP45 DENGAN RRI YOGYAKARTA

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Di lingkungan UP45, ada peraturan yang menarik yaitu tentang deskripsi kerja Dekan dan Kaprodi. Deskripsi kerja Dekan adalah mengembangkan fakultas namun dengan orientasi keluar. Contoh kegiatan adalah menjalin kerjasama atau kemitraan dengan organisasi lainnya di luar UP45. Kemitraan itu bisa bersifat profit maupun non prfit. Bila kemitraan itu bersifat profit maka kegiatan itu bersifat proyek. Intinya adalah dekan akan mendapatkan uang tambahan dengan cara menyelesaikan suatu tugas yang berasal dari organisasi di luar UP45. Tugas itu bisa saja berupa penelitian atau pengabdian masyarakat. Agar kesejahteraan merata, maka dekan bisa saja mengajak rekan dosen lainnya untuk bersama-sama mengerjakan tugas tersebut. Kemitraan dengan organisasi di luar tersebut juga bisa bersifat non profit. Kegiatan yang dilakukan biasanya bersifat pengabdain masyarakat.


Selanjutnya adalah deskripsi kerja Kaprodi. Kaprodi lebih bersifat internal atau pengembangan ke dalam. Contoh kegiatan adalah menyusun kurikulum yang sifatnya ‘menjual’, menyusun jadwal ujian skripsi, mengelola diskusi mahasiswa, dan berbagai kegiatan internal lainnya. Jadi sifat pekerjaan dekan adalah seperti menteri luar negeri, sedangkan kaprosi lebih bersifat menteri dalam negeri.

Pembagian pekerjaan antara dekan dan kaprodi di UP45 ini menjadi lebih mudah dipahami dan lebih sederhana. Dampaknya adalah tidak ada perebutan kekuasaan. Sebagai contoh, dekan tidak perlu marah dan merasa dilangkahi bila ada rapat internal yang dipimpin oleh kaprodi. Sebaliknya kaprodi pun tidak perlu marah bila dekan meninggalkan kelas yang diasuhnya karena mengerjakan berbagai proyek. Agar mahasiswa tidak terlantar, maka dekan sebagai dosen pengampu tetap harus memenuhi persyaratan frekuensi mengajar yaitu 14 kali pertemuan. Bila ada proyek, maka waktu kuliah bisa disesuaikan.

Berkenaan dengan kegiatan di luar Psikologi UP45, maka dijalinlah kerjasama dengan organisasi lainnya. Organisasi yang dilibatkan dalam kemitraan itu adalah RRI Yogyakarta yang berkantor di Kota Baru, Jl. Ahmad Jazuli Yogyakarta. Dekan adalah pejabat dari Fakultas Psikologi UP45 dan Kepala RRI Yogyakarta adalah dua pejabat yang menandatangani MOU. Pihak yang melaksanakan MOU adalah Kaprodi, karena kegiatannya erat hubungannya dengan pengayaan pelajaran. Kerjasama ini adalah cara cerdas untuk mengembangkan fakultas dan prodi, karena lembaga radio seperti RRI jangkauannya adalah nasional. Semua siaran di RRI bisa diakses melalui media streaming atau melalui dunia maya. Berikut adalah MOU-nya. 




Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top