DIGITALISASI ASSESMEN

Diposkan oleh Label: di

KULIAH UMUM OLEH ALUMNI PSIKOLOGI UP45

Lia Sopiyani dan Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Kuliah umum dengan tema Digitalisasi Assesmen: Memanfaatkan  komputerisasi untuk pengukuran psikologis. Nara sumber pada kuliah umum kali ini adalah bapak Munawir Haris, S.Psi. Antusiasme hadirin sangat tinggi. Hal ini terlihat ada 53 mahasiswa dan dosen psikologi yang menghadiri pertemuan tersebut. Para dosen yang berkenan hadir adalah Ibu Dewi Handayani Harahap, S.Psi., M.Psi.,Psikolog, Ibu Eni Rohyati, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog, bapak Drs. Indra Wahyudi M.Si, dan ibu Lia Sopiyani, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog. Para dosen dan mahasiswa sangat antusias karena pemateri juga menjelaskan tentang latar belakang pekerjaan serta suka duka dalam bekerja. Bapak Munawir Haris bekerja sebagai CEO Optima Talenta Yogyakarta semenjak lulus dari Fakultas Psikologi UP45 pada tahun 1997. Beliau adalah angkatan tahun 1992.

Materi dalam kuliah umum kali ini adalah proses pengembangan aplikasi yang memudahkan praktisi psikologi dalam proses skoring dan interpretasi alat-alat diagnostik. Bapak Munawir memberikan penjelasan tentang proses penyusunan aplikasi dan cara dalam skoring alat-alat diagnostik. Aplikasi yang ditunjukkan yaitu mengenai aplikasi instrumen PAPI-Kostick, MBTI, dan DISC. Hasil akhir dari aplikasi tersebut adalah berupa grafik. Berdasarkan grafik tersebut maka psikolog dapat dengan mudah menguraikan hasil tes psikologi. Hal ini tentu saja memudahkan pekerjaan para psikologi era disrupsi 4.0. Sangat tidak terbayang, bila proses seperti ini terjadi pada tahun 1980-1990-an, yang mana aplikasi ini belum ditemukan. Pada masa lampau, semua hasil tes diagnostik itu harus dikoreksi satu per-satu dan kemudian diuraikan. Mengelola biro psikologi pada masa lampau sungguh membutuhkan energi ekstra. Aplikasi penterjemah tes diagnostik ini disusun bersama para ahli teknologi informasi.


Mahasiswa Psikologi UP45 yang hadir, sangat tertarik dengan aplikasi software tersebut. Mereka juga ingin belajar dan menguasainya. Penjelasan dari Bapak Munawir Haris ini sangat memotivasi mahasiswa untuk meneruskan studinya sampai jenjang S2 profesi. Hal ini karena hanya sarjana psikologi profesi saja yang diperkenankan oleh HIMPSI untuk mengerjakan semua tes diagnostik. Para mahasiswa Psikologi S1 hanya diijinkan untuk mengenal dan mengetahui berbagai tes diagnostik.

Hal-hal lain yang menarik dari kuliah umum Bapak Munawir Haris adalah semangat belajarnya yang tidak surut. Beliau sangat mendorong mahasiswa Psikologi UP45 untuk terus bersemangat dan cepat menyelesaikan studi di UP45. Hal ini karena tantangan bagi sarjana psikologi pada era disrupsi ini sangat merisaukan. Tidak terbayangkan bila pada masa depan, orang-orang bisa berkonsultasi pada robot. Bila hal itu terbukti, maka tamatlah profesi psikolog. Agar hal itu tidak terjadi, maka Bapak Munawir Haris berpesan agar para mahasiswa Psikologi UP45 terus berinovasi sehingga tidak ditinggalkan oleh jaman.

Kuliah umum dengan tema digitalisasi asesmen ini sangat membantu berbagai mata kuliah di Psikologi UP45. Mata kuliah yang relevan antara lain tes TAT, psikodiagnostik 1, psikodiagnostik 2, psikodiagnostik 3, serta mata kuliah lainnya yang relevan dengan alat-alat tes.

Tulisan ini adalah laporan pelaksanaan Kuliah Umum di Fakultas Psikologi UP45. Kuliah Umum ini diadakan sekali dalam setahun. Untuk kali ini, Kuliah Umum tersebut berlangsung pada Senin 21 Oktober 2019. Pelaksanaannya dilakukan di gedung C ruang 201. Kuliah Umum ini didukung sepenuhnya oleh Himapsi UP45.






Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top