PUBLIKASI PENELITIAN BERSAMA ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA

Diposkan oleh Label: di

PARTISIPASI DI SEMINAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Pada 19 Oktober 2019 yang lalu, serombongan dosen, alumni dan mahasiswa Psikologi UP45 mengikuti Seminar Nasional dan Call for Paper yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Rombongan tersebut hendak mempresentasikan penelitian yang dilakukan bersama-sama antara dosen, alumni dan mahasiswa. Penelitian dan partispasi bersama antara dosen dan mahasiswa di Seminar Nasional tersebut adalah sangat penting untuk berbagai kepentingan. Kepentingan itu antara lain:

(1)  Untuk melatih mahasiswa agar berani mengemukakan dan mempertahankan pendapat secara ilmiah. Kemampuan ini sulit dimiliki mahasiswa karena mahasiswa tidak terbiasa untuk berdebat di kelas. Mahasiswa cenderung untuk tunduk pada pendapat dosen, meskipun pendapat dosen itu mungkin saja tidak benar.

(2)  Penelitian bersama itu untuk memastikan bahwa interaksi dosen, alumni dan mahasiswa Psikologi UP45 adalah baik-baik saja bahkan sangat produktif. Hubungan yang harmonis itu sangat bagus untuk memperkuat akreditasi Prodi Psikologi UP45.

(3)  Topik penelitian dosen, alumni dan mahasiswa itu adalah tentang sampah. Sampah adalah bagian dari energi. Hal ini penting untuk dikemukakan karena visi UP45 adalah tentang energi. Jadi, penelitian tentang sampah merupakan cara untuk menterjemahkan visi UP45 ke dalam tataran kehidupan sehari-hari.

Siapa saja rombongan dari UP45 yang mengikuti Seminar Nasional tersebut? Berikut adalah daftar peserta dari UP45 dan judul penelitiannya.

(1)  MEMAHAMI PENGELOLAAN  SAMPAH PADA PENDIDIKAN USIA DINI MELALUI MORAL REASONING – Eny Rohyati, Reni Suryani, Sobar Hikmah, Widuri Mayangsari dan Yudha Andri Riyanto.

(2)  PERILAKU PEDULI SAMPAH PADA SISWA SMP ADIWIYATA: PENGARUH PEMIMPIN YANG PRO-LINGKUNGAN HIDUP - Ai Siti Patimah (Univesitas Papua Manokwari Papua) dan Arundati Shinta.

(3)  PERBEDAAN PERILAKU MENGELOLA SAMPAH PADA PENGHUNI PONDOKAN KHUSUS PEREMPUAN DAN KHUSUS LAKI-LAKI - Fx. Wahyu Widiantoro, Fadly Amin dan Juilchris Ester Mirino

(4)  KREATIVITAS DAN INOVASI PADA KEGIATAN PEMANFAATAN KEMBALI SAMPAH (REUSE) - Dewi Handayani Harahap, Elisa, Rio Wahyu Nugroho dan Sri Sunu Widyaningsih.

(5)  KETIDAKPEDULIAN MASYARAKAT PADA SARANA PUBLIK YANG DIGUNAKAN UNTUK PEMBUANGAN SAMPAH - Arundati Shinta, Berkati Gaho, Nico Hari Al Araafi dan Yohanes Susilo.

(6)  PENGEMBANGAN KUALITAS SDM YANG GOOD TO EXCELLENCE MELALUI PENINGKATAN DIGITAL LITERASI SEBAGAI UPAYA MEMPERKUAT KEWASPADAAN NASIONAL – Arundati Shinta dan Dadan Umar Daihani (Universitas Trisakti Jakarta).

Tulisan ini adalah laporan dari kunjungan dosen, alumni dan mahasiswa Psikologi UP45 ke Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh UMP Purwokerto. Seminar ini terselenggara pada 19 Oktober 2019.






















Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top