Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

KEGIATAN POSITIF ANAK JOGJA PADA ERA PANDEMI: ANAK JOGJA GUMREGAH

KEGIATAN PENGABDIAN DOSEN & MAHASISWA UP45

DI RADIO SONORA YOGYAKARTA

Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA

Fakultas Psikologi UP45

Yogyakarta

 


Anak Jogja Gumregah merupakan salah satu tema yang digaungkan oleh Forum Anak Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (FAKTA). Organisasi yang dibina oleh Pemerintah DIY melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Pengendalian Penduduk Yogyakarta, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di lingkungan provinsi DIY dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak. Dialog dengan tema menarik ini disiarkan secara langsung hasil kerjasama UP45 dengan Radio Sonora 97.4 FM Yogyakarta (9/2/2021).

 

Kegiatan Forum Anak Kota Yogya berdasar pada upaya pemenuhan empat hak utama anak yang harus dipenuhi yaitu hak hidup, tumbuh kembang, partisipasi dan perlindungan. Masalah krusial yang dihadapi anak-anak di Kota Yogyakarta yaitu kurang memperoleh hak partisipasi dan perlindungan. “Saat ini terdapat 169 anggota Forum Anak Kota Daerah Istimewa Yogya yang terdiri dari anak dari usia kelas 6 SD, SMP hingga SMA”, tutur Sulastri Dwi Astuti, Ketua Forum Anak Kota Daerah Istimewa Yogya.

 

Lebih di jelasakan oleh Sulastri bahwa di tengah pandemi seperti saat ini anak-anak dapat mengatasi rasa bosan dengan berbagai kegiatan positif. Misal yang kerap dilakukannya untuk mengisi waktu luangnya yaitu dengan melakukan kegiatan memasak, membuat konten youtube, bersama teman mengisi teka-teki melalui aplikasi zoom, dan tentunya tetap berlatih tari.

 


Kegiatan yang dilakukan oleh Forum Anak Kota Daerah Istimewa Yogya saat ini antara lain yaitu mengenal bentuk permainan tradisional, pendidikkan dan mengisi waktu luang dengan hal positif, kunjungan pada pengungsi erupsi Merapi, dan sebagainya. Pelatihan yang diberikan lebih pada membentuk karakter agar lebih mampu berorganisasi dan anak lebih berani berpendapat.

 

Berikut merupakan rangkuman interaktif pendengar radio dengan penulis dan narasumber lainnya saat acara berlangsung.

 

1) Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Pengendalian Penduduk Yogyakarta, di Kulon Progo. Kami turut memantau acara dialog yang disiarkan secara langsung oleh radio Sonora.

Jawaban:Terima kasih atas atensinya semoga kita dapat lebih saling bersinergi.

2) Mba Tanti, di Kotabaru. Bagaimana cara untuk bergabung menjadi anggota Forum Anak Kota ?

Jawaban: Isi formulir, dapat dilihat di Istagram (ig) FAKTA, usia 0-18 tahun. Bisa menghubungi cp: 081223806190.

3) Mba Susan, di Jogja. Apa saja keluhan anak saat pandemi.seperti saat ini? Apakah Forum Anak ada di tingkat Kelurahan?

Jawaban: Keluhan anak saat pandemi.seperti saat ini yaitu banyak anak yang mengeluh merasa bosan berkegiatan di rumah, hanya beraktifitas dengan menggunakan gawai/ gadget, keinginan untuk tatap muka bersama teman-teman.

Forum Anak ada di tingkat Kelurahan, hanya belum tersosialisasikan dengan baik.

4) Mas Andri, di PIKR, RW 16, Sorosutan. Bagaimana dampak psikologi bila hak-hak anak tidak tepenuhi?

Jawaban: Empat hak utama anak yang harus dipenuhi yaitu hak hidup, tumbuh kembang, partisipasi dan perlindungan. Misal upaya memberikan perlindungan yaitu dengan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang. Dampak psikologis bila hak-hak anak tidak tepenuhi maka proses tumbuh kembang anak pun tidak dapat optimal.

 

Siaran ini terlaksana berkat kolaborasi beberapa dosen dan mahasiswa UP45 yakni:

§  Dosen Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA sebagai nara sumber utama

§  Dosen Dr. Arundati Shinta sebagai kontibutor ide dan acara, serta publikasi.

§  Mahasiswa Tris Sabila Rahmah sebagai disainer poster.

 

Pendengar yang telah mengirim pertanyaan menarik dan beruntung mendapat hadiah berupa pulsa cellular yaitu pemilik nomor 081…90. Terima kasih kepada seluruh Sahabat Sonora 97.4 FM Yogyakarta.

 

Widiantoro, FW (9 Februari 2021)

 

 

Post a comment

0 Comments