PERJALAN DI MALAM NATAL

Diposkan oleh Label: di

Toni Isbandi


Foto : Istimewa
Pada akhir tahun 2012 ini saya dan keluarga berlibur ke Malang,  berangkat dari Jogja hari Sabtu sampai ke Jogja lagi hari Rabu pagi. Liburan yang memang kami rencanakan sejak bulan Juni 2012 ini ketika liburan ke Bandung akhirnya terlaksana juga. Sangat menyenangkan bisa berlibur dengan anak istri anak kedua saya pas lagi sakit. Namun dengan kondisi yang selalu menyenangkan semuanya bisa diatasi.
Perjalanan pulang ke Jogja yang kami tempuh saat malam Natal, mengingatkan saya pada waktu yang sama 2 tahun yang lalu. Dua tahun yang lalu saya juga dalam perjalanan pulang ke Jogja dari Jakarta. Dapat dibayangkan susahnya mencari tiket untuk bisa pulang ke Jogja, karena sudah sebulan sebelumnya semua tiket ke Jogjakarta sudah habis, apalagi pas malam 24 Desember. Namun keberuntungan masih berpihak pada saya sehingga saya bisa mendapat tiket Kereta Executive Tak tujuan Jogja. Terimakasih teman yang sudah memberikan kemudahan tersebut, semoga suskses menjadi pejabat di PT. KAI.
Yang berkesan pada hari Natal dua tahun yang lalu adalah bantuan seorang teman di cabang kantor Jakarta, ditengah persiapan untuk merayakan Natal dengan keluarga dan teman-temannya di salah satu Gereja di Jakarta, dia masih mau menunggu saya sampai pekerjaan saya kelar dan mengantar saya sampai pintu masuk stasiun Gambir. Setelah itu dia terburu-buru meninggalkan saya, sampai-sampai saya lupa mengucapkan selamat hari Natal buat dia dan keluarganya. Namun saya menebusnya dengan mengirimkan sms dan berterimakasih atas bentuan yang berikan pada saya.

Bantuan tersebut bagi saya sangat berarti karena sampai saat ini saya belum hapal Jakarta meskipun sudah berkali-kali kesana. Apalagi dia membantu saya yang berbeda keyakinan dengan dia dan mengesampingkan kepentingannya untuk merayakan hari Natal dengan sanak keluarganya yang bagi sangat sakral. Jika saya menjadi dia, bisakah saya mengesampingkan ibadah saya untuk membantu seseorang yang memerlukannya? Entahlah, namun disitulah sebenarnya implementasi agama harus diterapkan. Bukan pada perbeda-bedaan dan berebut yang paling benar.
Baik sahabat, mungkin kamu sudah melupakan hal tersebut karena hal ini sudah bisa kamu lakukan sehingga malam Natal dua tahun yang merupakan kejadian bisa bagimu, disbandingkan dengan perayaan Natal setelah kamu menganttar saya ke Stasiun Gambir untuk pulang ke Jogja. Jika saja banyak masyarakat kita seperti diri mungkin sulit wartawan mencari berita untuk ditayangkan di media masa, karena tidak ada bentrokan dan kerusuhan, yang ada hanya kedamaian, toleransi dan saling tolong menolong meskipun berbedakeyakinan.


Selamat hari Natal dan Tahun 2013, semoga kamu mendapat kebagian di hari Natal 2012 ini.

2 comments:

  1. Liburan di Malang, berarti oleh-olehnya apel malang (bukan apel washington dari Angelina Sondakh. Selamat Natal untuk semua.

    ReplyDelete
  2. oleh2nya memang apel apalagi metik sendiri dipohonnya. wui memang beda makan apel yang baru dipetik dari pohonnya. sayang sudah habis.

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top