PERANTI-PERANTI PENGUKURAN DAN PENGINDERAAN LISTRIK DASAR

Diposkan oleh Label: di


Wakhidul Kohar
Fakultas Teknik Mesin Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Alat (devices) yang operasinya sedikit banyak bergantung pada prinsip-prinsip listrik dasar, dan hampir semua sistem pengumpulan, transmisi, dan analisa data bergantung pada peranti elektronik. Contohnya: pengukuran suhu jarak jauh dan perekaman biasa.
Oleh  itu elektronika telah merasuk kemana-mana dalam segala segi keteknikan, maka pada tempat nyalah bila kita di sini membahas beberapa  listrik yang dewasa. Pertama kita akan tinjau pengukuran besaran-besaran listrik dasar, yaitu: arus dan tegangan. Beberapa rangkaian yaitu:
1.    Rangkaian circuit: digunakan untuk modifikasi .
2.    Rangkaian input signal: pengukuran sinyal masukan

4-2 GAYA-GAYA BERASAL ELEKTROMAGNETIK
Peranti listrik bergantung operasinya mempunyai 2 kenyataAN : Adanya muatan dan Ada interaksi antara satuan-satuan bermuatan.
Suatu titik mutan q Coul.omb (C). Jika muatan itu berada sendiri saja di alam semesta, maka ia akan dalam garis lurus yang hanya ditentukan oleh kecepatan awalnya saja. Akan tetapi, bila muatan ini bergerak di dalam ruang dimana juga muatan-muatan lain, khususnya intensitas muatan listrik, densitas fluks magnet yang terjadi di ruang sebagai akibat gerakan muatan tersebut. Untuk dapat menerapkan persamaan ini ke dalam kasus yang berguna, perhatikan sebuah konduktor (penghantar) yang membawa arus, yang ditempatkan di dalam medan magnet.

Grafik tersebut merupakan penggambaran analog dari arus i sebagai waktu. Dalam konteks ini “penggambaran analog”  berarti bahwa arus itu dianggap sebagai continuos variable, yang berarti bahwa kita dapat mengukur dan menggambarkan grafik besarnya arus dengan suatu ketepatan yang tinggi. Penggambaran analog merupakan pendekatan yang paling alamiah terhadap besaran fisika, karena besaran itu biasanya kita anggap mempunyai nilai yang kontinu.
            Konsep penggambaran digital mungkin tampak agak kurang dikenal, tetapi di dalam beberapa kasus dimana penggambaran dan penggolan sinyal fisik dalam bentuk digital lebih banyak kegunaanya.

Daftar pustaka:
Bedes (2013). Suara pondok blotan wedomartani. Diakses tanggal 05 Mei 2013 dari: http:/www.bedes.com
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top