PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI MASYRAKAT

Diposkan oleh Label: di

Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Era globalisasi membawa perubahan – perubahan diberbagai bidang kehidupan  masyarakat seperti  politik, ekonomi,dan  sosial  budaya. Perubahan sosial budaya sendiri adalah segala  perubahan  pada lembaga – lembaga  kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya,termasuk di dalamnya  nlai – nilai , sikap, dan pola perilaku diantara  kelompok – kelompok dalam  masyarakat ( Selo Soemardjan  dalam  Crayonpedia,2010). Perubahan  tersebut tidak hanya mengarah pada hal positif saja tetapi dapat juga berupa perubahan yang negatif.
Salah satu contoh  adalah maraknya film – film  luar yang  beredar di Indoneia. Film – film tersebut   secara tidak langsung menjadi sarana masuknya kebudayaan  barat  kedalam  budaya  kita. Misal adanya acara pesta  pra- weddingan atau foto pra-wedding, penggunaan pesta kebun atau prasmanan untuk acara resepsi pernikahan dan acara – acara lainnya, makan memakai garpu, penggunaan toilet duduk, dan lain sebagainya.
Contoh  lain  perubahan sosial budaya  menurut hedisastrawan  ( 2012)  adalah  Perubahan  mode pakaian  dimana dulu masyarakat menggunakan pakaian adat, sekarang  mulai mengikuti trend yang ada, walau penggunaan pakaian adat sebatas acara tertentu saja. Perubahan mode rambut dengan alasan yang tidak mengikuti akan dibilang culun atau  jadul. Kesenian  dimana kesenian indonesia hampir  punah  karena anak bangsa enggan  mempelajarinya. Bahasa daerah yang mulai digantikan bahasa lain karena penggunaannya  memiliki  cakupan yang lebih luas.  Budaya  indonesia yang mulai tercampur dengan budaya asing seperti budaya valentine dan perayaan ulang tahun. Cara berkomunikasi dimana beberapa tahun  yang lalu untuk komunikasi jarak jauh masih menggunakan surat,kini dengan berkembangnya teknologi mulai digantikan oleh  jejaring sosial dan alat komunikasi lainnya.

Dalam  Crayonpedia ( 2010 )  perubahan – perubahan  tersebut disebabkan karena  berbagai faktor , antara lain:
1.    Faktor yang berasal dari dalam  masyarakat ( intern)
a)    Adanya dinamika penduduk, yaitu bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk.
b)    Adanya penemuan – penemuan , baik yang bersifat discovery  ( penemuan baru)  maupun invention ( menyempurnakan penemuan yang telah ada).
c)    Munculnya berbagai konflik di masyarakat
d)    Terjadinya pemberontakan  atau  revolusi sehingga  mengharuskan adanya perubahan – perubahan besar.

2.    Faktor yang berasal  dari luar masyarakat ( ekstern)
a)    Adanya pengaruh bencana alam
b)    Adanya peperangan
c)    Adanya pengaruh kebudayaan lain yang lebih tinggi.

Sikap yang harus diterapkan untuk menyikapi globalisasi adalah tidak membiarkannya masuk begitu saja , akan tetapi juga tidak sepenuhnya tertutup dengan berbagai perubahan  tersebut. Yakni menyaring dan memilah – milah mana yang sesuai dengan kebudayaan kita dan mana yang tidak.

Daftar Pustaka:
Hedisasrawan.(2012).Contoh Perubahan Sosial  Budaya. Retrieved On October 14,2013  From: http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/11/contoh-perubahan-sosial-budaya.html
Crayonpedia.(2010).BAB 5. PERUBAHAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT. Retrieved On October 14, 2013. From: http://www.crayonpedia.org/mw/BAB_5._PERUBAHAN_SOSIAL_DALAM_MASYARAKAT

Note: diikutkan dalam lomba speak up FMIPA UNY tanggal  20 Oktober 2013
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top