Waspadai Gejala Alergi Dingin

Diposkan oleh Label: di

Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Ketidakmampuan sistem imun menanggapi perubahan suhu yang ekstrim bisa memicu timbulnya alergi dingin. Ketidakmampuan  sistem imun tersebut dalam hal beradabtasi, dimana seseorang yang terbiasa tinggal di lingkungan bersuhu panas kemudian pindah ketempat yang  dingin. Alergi dingin sendiri merupakan salah satu jenis alergi yang terjadi akibat pelepasan histamin dalam jumlah yang cukup besar yang kemudian menyerang sistem kekebalan tubuh (alergi dingin, n.d). Gejala awal alergi dingin berupa gatal – gatal dan zat histamin inilah yang memicu timbulnya gatal, bentol, dan kemerahan pada kulit. Histamin adalah suatu senyawa kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh, namun pada beberapa orang dapat menyebabkan timbulnya gejala alergi seperti gatal, rasa panas atau terbakar bahkan sampai sesak napas (obat alergi dingin, n.d). Dampak lain yang ditimbulkan alergi dingin berupa saluran pernafasan terasa sesak sehingga menyebabkan kesulitan bernafas. Selain itu juga bisa menyebabkan urtikari atau yang lebih dikenal dengan nama biduran.  Biduran ini sendiri tidak selamanya disebabkan oleh alegi dingin akan tetapi bisa karena bulu binatang, wewangian, penisilin, juga karena alergi makanan yang mengandung protein seperti ikan, telur, udang, kacang–kacangan, atau zat aditif seperti pewarna dan pengawet makanan serta penyedap rasa (obat alergi dingin, n.d).
Dalam alergi dingin (n.d) terdapat dua faktor yang menyebabkan seseorang terkena alergi tak terkecuali alergi dingin, yaitu :

Faktor keturunan
Salah satu orang tua yang mempunyai  riwayat alergi bisa menurun kepada anak dengan prosentase terjangkit alergi sebesar 19, 8 % dan 42, 9% jika kedua orang tua mengidap alergi. Akan tetapi bukan bearti anak dari orang tua yang non alergi tidak mungkin terjangkit alergi karena faktor lingkungan juga turut mempengaruhi.

Faktor kejiwaan
Selain faktor bawaan dari lahir atau keturunan, perasaan seperti kecemasan, takut dan marah juag bisa menimbulkakn ganguan alergi yang akut pada kulit.
            Walaupun kelihatannya masalah alergi dingin ini kelihatannya sepele akan tetapi jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kematian yang disebabkan suhu tubuh yang menurun terus menerus. Untuk itu ketika alergi khususnya alegi dingin yang perlu kita lakukan yakni gunakan pakaian yang tebal dan hangat agar suhu tubuh menjadi hangat juga oleskan lotion atau bedak yan mengandung anti histamin atau calamine. Selain itu juga bisa mengkonsumsi obat anti histamin, dan jika keadaan sudah akut dapat  menggunakan obat dari golongan steroid (bila diperlukan). Demikian sedikit tips yang bisa dilakukan saat alergi dingin mulai menyerang, diharapkan alerginya bisa diringankan.

Daftar  Pustaka :
Alergi dingin.(n.d).Gejala Alergi Dingin dan Alergi Dingin. Retrieved On Januari 26, 2014, from : http://alergidingin.com/
Obat Alergi Dingin.(n.d). Obat Alergi Dingin. Retrieved On Januari 26, 2014, from :  http://obatalergidingin.wordpress.com/



Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top