PROGRAM PSIKOLOGI BERBAGI KE-8:

Diposkan oleh Label: di


MENINGKATKAN KONSENTRASI KERJA PADA GURU TK

FX. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Konsentrasi kerja merupakan tema pelatihan yang menarik dan diminati oleh berbagai kalangan. Upaya memenuhi permintaan para Guru TK pada pelatihan-pelatihan sebelumnya maka Fakultas Psikologi UP45 kembali mengangkat tema ”Meningkatkan Konsentrasi Kerja Pada Guru TK” dalam kegiatan rutin Psikologi Berbagi. Acara pelatihan dibuka oleh Ibu  Dewi Handayani H, S.Psi., M.Psi., selaku Wakil Rektor II UP 45 Yogyakarta. Peserta yang hadir merupakan Guru TK di Jogjakarta dan sekitarnya yaitu antara lain KB TK Asem Ceria, Karang Asem Wukirsari Imogiri, SPS Kemuning Tegalsari Wedomartani Ngemplak Sleman, Paud KB Bintang Harapan, KB Ceria Sanggar, KB TK IT Khalifah Centre, PAUD Bunaya, Bambini Montessori Jogjakarta.


Materi pelatihan disajikan dalam beragam bentuk permainan yang sangat menarik. Diawali dengan “Game permen” sebagai upaya saling mengenal antara sesama peserta dan trainer. Kegiatan game yang juga bertujuan untuk melatih ingatan tentang identitas dasar lawan bicara ini dipimpin oleh Tri Welas Asih, mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 yang berprofesi sebagai guru TK. Suasana pelatihanpun telah terasa lebih akrab dan tanpa disadari para peserta juga telah melatih diri untuk lebih kreativ dalam memulai interaksi sosial dengan cara yang lebih menarik. Setelah melakukan Game Permen para peserta diajak berdiskusi tentang pentingnya konsentrasi dalam bekerja yang merupakan materi inti dalam pelatihan ini oleh  Arundati Shinta,  ”Ada kalanya pikiran kita tidak terfokus karena satu dan lain hal. Satu atau dua kali mungkin masih terhitung wajar, tetapi jika sudah berkali-kali dan mengganggu konsentrasi  dalam menyelesaikan pekerjaan maka kita harus segera memperbaiki pola kerja kita” demikian dijelaskan oleh Shinta. Game selanjutnya yaitu ”Menghitung Kelipatan Tujuh”, para peserta dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing kelompok berkompetisi dalam menyebutkan angka-angka sesuai dengan urutan yang telah ditentukan dan ternyata tidak semudah dengan yang dibayangkan. Para peserta diajak merefleksikan game tersebut oleh Wahyu Widiantoro, M.A., dijelaskan bahwa:  ”Setiap individu hendaknya memahami kekurangan dan kelebihannya. Selanjutnya mampu menemukan cara dalam meningkatkan konsentrasinya masing-masing”.


Akhir acara pelatihan para peserta mensharingkan apa yang didapat dari acara yang telah mereka ikuti. Para peserta berharap acara pelatihan dari Fakultas Psikologi sering dilaksanakan dan mereka berniat mengundang untuk diberikan pelatihan dengan materi yang berbeda-beda. Salah satu peserta mengungkapkan bahwa mereka tidak menduga bahwa pelatihan yang diadakan akan sangat berbeda dan menarik untuk diikuti karena terkesan santai dengan game-game yang bisa mengajak untuk lebih mudah memahami materi. ”Saya semakin menyadari konsentrasi sangat berhubungan dengan komitmen. Dalam sebuah tim kerja kita harus mampu memaklumi kemampuan setiap anggota yang berbeda-beda. Konsentrasi adalah pembiasaan diri, semakin kita merasa cakap kendala pun akan semakin bervariasi”, demikian ungkap ibu Dina salah satu peserta pelatihan.

Pelatihan ini terlaksana di Ruang A 103, Universitas Proklamasi 45, pada Sabtu, 9 April 2016. Acara Psikologi Berbagi ini adalah salah satu acara unggulan dari Biro Psikologi, Fakultas Psikologi UP45, dengan pimpinannya Ibu Eny Rohyati, S.Psi., M.Psi. Acara ini sudah terselenggara delapan kali. Kesuksesan acara ini berkat tangan dingin Bapak FX. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA., yang sangat gigih dan selalu melibatkan mahasiswa dalam semua kegiatan fakultas. Bukti kegigihan itu adalah dengan melibatkan mahasiswa (Tri Welas Asih) sebagai salah satu pemateri pelatihan, dan juga Sri Mulyani sebagai koordinator konsumsi pelatihan. Jadi sebenarnya, pelatihan ini selain bermanfaat bagi para guru TK, juga merupakan ajang pemberdayaan mahasiswa. Kesuksesan ini tidak terlepas dari dorongan motivasi yang kuat dari Dekan Fakultas Psikologi UP45 yakni Ibu Dra. Muslimah Zahro Romas, MSi.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top