KOORDINASI ANTAR UNIT KERJA DI UP45

Diposkan oleh Label: di


BUKTI ADANYA KEPEMIMPINAN ORGANISASI PRODI PSIKOLOGI

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Koordinasi adalah kerja sama antar unit kerja, dan merupakan bagian dari kegiatan kepemimpinan organisasi. kepemimpinan organisasi adalah kegiatan berkoordinasi antar unit kerja di bawah naungan lembaga besar. Kepemimpinan organisasi dalam hal ini menyangkut kegiatan koordinasi antara Prodi dan unit kerja pendukung (misalnya laboratorium, perpustakaan, bagian akademik, bagian SDM, dan sebagainya), di bawah naungan universitas.

Koordinasi ini penting, karena masing-masing unit kerja sering mempunyai peraturan-peraturan yang berbeda. Idealnya memang peraturan-peraturan itu saling bersinergi karena unit-unit kerja itu berada di bawah naungan satu lembaga. Koordinasi ini harus dilakukan karena setiap unit kerja mempunyai ketergantungan yang tinggi. Bila tidak ada koordinasi maka setiap unit kerja akan menciptakan suatu ‘kerajaan kecil’. Bila dalam suatu lembaga besar ada banyak ‘kerajaan kecil’ maka lembaga itu cenderung tidak sehat.


Persoalan yang berhubungan dengan koordinasi adalah kegiatan tersebut mudah diucapkan namun sulit dilaksanakan. Koordinasi membutuhkan kesediaan untuk saling mendengar, saling membantu, saling memberi umpan balik, dan saling memberi alternatif solusi. Kenyataan yang ada, seperti dituliskan di atas, ada banyak ‘kerajaan kecil’. Meskipun demikian, perlu ada gerakan baru untuk memunculkan koordinasi antar unit kerja di UP45.

Berikut adalah laporan dari bagian PDE (Pusat Data Elektronik) di UP45, dengan Bapak Asmoro, S.Pd. sebagai tenaga kependidikan khusus untuk jurusan Psikologi UP45. Laporan ini penting untuk mempersiapkan proses pengisian akreditasi yang akan datang. Laporan itu berisi tentang data mahasiswa baru, mahasiswa aktif, mahasiswa yang cuti, mahasiswa putus kuliah, dan mahasiswa yang mengikuti yudisum.






Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top