PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN YANG RESPONSIF GENDER DALAM PENANGGULANGAN BENCANA

Diposkan oleh Label: di

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT BIRO PSIKOLOGI

Amin Nurohmah
Biro Psikologi Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Kabupaten Sleman, merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah Sleman beradi di ujung utara DIY dan sebagian daerahnya masuk dalam kawasan lereng Gunungapi Merapi sehingga beberapa desa memiliki potensi ancaman bencana erupsi gunungapi. Selain ancaman erupsi Gunung Merapi, Kabupaten Sleman juga memiliki 6 potensi ancaman bencana lainnya seperti banjir, puting beliung, tanah longsor, kekeringan, kebakaran dan gempa bumi. 7 ancaman bencana di Kabupaten Sleman di atas harus menjadi kewaspadaan yang tinggi bagi pemerintah daerah maupun pemerintah desa sebagai upaya pengurangan risiko bencana dan menjamin keselamatan masyarakat di daerah rawan bencana.


Upaya pengurangan risiko bencana tersebut juga menjadi perhatian Dinas Pemberdayaan Prempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sleman. Sebagai dinas yang diamanahi untuk memperjuangkan hak kelompok rentan di masyarakat seperti perempuan atau laki-laki rentan, anak-anak, masyarakat miskin, lansia, ibu hamil dan menyusui, maka mendasri DP3AP2KB Kabupaten Sleman untuk mendorong peran pemerintah desa di daerah rawan bencana supaya membuat Perencanaan Dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) dalam Penanggulangan Bencana. Langkah ini penting dilakukan sebab berdasarkan laporan kajian gender dalam pengelolaan bencana merapi Kantor Menteri Pemberdayaan Perempuan-APEC gender focalpoint semakin menguatkan adanya isu gender dalam banyak aspek, bahwa kelompok rentan seperti perempuan, anak-anak, dan lansia, lebih tinggi daripada laki-laki dewasa dan remaja.


Atas dasar permasalahan di atas, pada Hari Kamis tanggal 30 Januari 2020, DP3AP2KB Kabupaten Sleman menyelenggarakan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender dalam Penanggulangan Bencana. Biro Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang diwakili Amin Nurohmah, S.Pd., M.Sc menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut bersama Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sleman Ibu Asih Kushartati, S. TP., MT. Acara tersebut diikuti oleh lebih dari 50 anggota Forum Pengerusutamaan Gender Bidang Kebencanaan di Kabupaten Sleman. Hadir pula Komisia A DPRD Kabupaten Sleman dalam acara tersebut untuk memberikan arahan bagi pemangku kepentingan dan pegiat kebencanaan di tingkat desa seluruh Kabupaten Sleman.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top