Dengan Seni Musik Anda Akan Sehat

Diposkan oleh Label: di


Iqbalul Fadhillah
Fakultas Teknik/Teknik Mesin
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Foto : Elisa
Membahas seni musik, ada yang mengetahui apa itu seni? Kali ini akan mencoba mengulas tentang dunia seni. Seni pada mulanya adalah proses dari manusia dan oleh karena itu seni merupakan sinonim dari ilmu, bahkan para ilmuan, filusuf, pakar seni, pakar pendidikan dan pakar kebudayaan telah memberikan inspirainya terhadap seni.

Seni bersifat indah. Dikatakan indah apabila mampu dinikmati. Seni memiliki jangkauan yang lebih luas.  Sifat dasar seni yaitu seni bersifat kreatif, seni bercorak individualisme, seni adalah ekspresi, seni bersifat abadi, seni bersifat universal. Seni dapat dinikmati dengan tiga cara,  yaitu dengan penglihatan/visual art, dengan pendengarannya/audio art, dan dengan penglihatan beserta pendengarannya/audio visual art.

Allah swt menciptakan manusia dengan  sempurna, semua yang diperlukan oleh manusia ada pada setia tubuhnya, beda dengan hewan. Manusia dan hewan Allah Swt ciptakan dengan organ yang sama, fungsi yang sama, tapi bentuk yang berbeda serta yang lebih membedakan kembali antara manusia dan hewan yaitu manusia diberikan akal pikiran sedangkan hewan tidak memiliki akal.
Manusia mampu menilai seni/yang bersifat indah dengan akal. Sebelum akal menilai, stimulus yang biasa manusia lakukan dengan indra penglihatan. Mata manusia akan menilai apa yang di lihatnya. Mata merupakan organ tubuh yang sangat berguna bagi manusia. Dengan mata manusia akan menjadi lebih berguna, dengan mata juga manusia bisa mencapai tujuannya, dengan mata manusia akan memperbaiki sikap dan prilakunya hal tersebut karena mata menjadi hal yang di utamakan dan dengan mata juga bisa merasakan sesuatu yang indah.

Selain mata, organ tubuh manusia yang digunakan dalam seni juga telinga, telinga bisa mendengar apa yang bersifat suara, suara berasal dari gelombang suara, gelombang suara yang kekuatannya kecil tidak akan terdengar oleh telinga, gelombang suara yang bisa didengar oleh manusia pada frekuensi tertentu karena telinga mempunyai kekuatan tertentu. Gelombang suara yang besar bisa merusak telinga.

Seni/keindahan bisa lebih dirasakan jika kedua media itu di satukan, dimana mata dan telinganya bisa berinteraksi langsung pada waktu bersamaan. Seni yang ada di dunia ini banyak sekali macamnya. Ada seni lukis, seni pahat, seni kriya, seni musik dan lain sebagainya. Karena kedua seni tersebut membutuhkan kedua media tersebut supaya pesan dan kesan dari seni tersebut bisa tersampaikan lebih sempurna.

Seni musik merupakan implementasi dari manusia sehingga musik menurut pandangan orang akan berbeda-beda. Sehingga akan menimbulkan kontroversi di masyarakat. Bangsa Indonesia sendiri pada saat ini mulai berkembang menuju yang lebih baik lagi, baik dari transportasi, komunikasi, serta teknologi, sehingga akan mempermudah kegiatan manusia.


Menurut sejarah musik dikenal  sejak  kehadiran manusia modern homosapien yaitu sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu.  Pada saat itu manusia mulai berburu mencari makan. Pada saat itu juga manusia mulai berpikir  bagaimana untuk berkomunikasi dengan manusia yang lainnya. Dimulai dengan membuat tanda-tanda jika ada ancaman atau ada hal yang perlu pada jaman dulu biasanya memberitahu dengan trompet yang dibuat dari tulang kaki kering hewan serta ada juga dengan meniup rongga kayu/bambu.

Seni musik merupakan ungkapan pikiran dan perasaan manusia yang dengan alunan tinggi rendahnya nada atau suara yang serasi sehingga menimbulkan kesan/pesan. Dengan kata lain musik merupakan kesatuan bunyi yang diatur menjadi suatu pola yang dapat mengungkapkan isi hati (perasaan) baik itu perasaan gembira, bahagia, ataupun sedih yang di kombinasikan dengan melody, ritme, harmoni, sehingga menimbulkan pesan kepad orang lain.

Sesuai dengan namanya seni musik pasti memerlukan instrument musik yang dapat membantu menyampaikan pesan/kesannya lebih cepat tersampaikan. Berikut macam-macam alat musik yaitu:
·         Alat musik melodi
Yaitu alat musik yang bernada tetapi tidak bisa membentuk
·         Alat musik ritmis
Yaitu alat musik yang berguna untuk menegaskan ketukan dan biasanya tidak bernada.
·         Alat musik harmonis
Yaitu alat musik yang mampu membuat melody dan juga membuat accord

Selain itu alat musik juga berbeda dengan cara memakaikannya supaya bersuara yaitu
·         Alat musik pukul
Yaitu alat musik yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara di pukul seperti gendang, drum dan lain sebagainya
·         Alat musi tiup
Yaitu alat musik dimana akan menghasilkan buni dengan cara ditiup seperti suling trumpet, sexsophon, harmonika dan lain sebagainya
·         Alat musik petik
Yaitu alat musik yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara di petik seperti gitar, harpa, mandolin dan lain sebagainya
·         Alat musik gesek
Yaitu alat musik untuk mendapatkan bunyi dengan cara di gesek

Adapun jenis-jebis musik
·         Musik klasik
·         Musik tradisional
·         Musik populer

Jenis musik populer yaitu
·         Jazz
·         Acapella
·         Blues
·         Rhytm and blues
·         Funk
·         Ska, reggae,dub 

Adapun manfaat musik bagi kita
·         Pembunuh rasa sakit
·         Mengurangi stres
·         Merangsang sel-sel otak
·         Memacu tubuh untuk bergerak
·         Membuat tidur nyenyak
·         Meningkatkan optimisme dan semangat
·         Meningkatkan kreafitas
·         Lagu favorit membuat anda menjadi lebih baik
·         Meningkatkan daya tahan tubuh
·         Mengurangi denyut jantung dan tekanan darah
·         Meningkatkan performa dalam olahraga
·         Membantu penyembuhan kanker
·         Hiburan
·         Dapa membantu memdekatkan diri dengan sang pencipta (spiritualitas)

Daftar pustaka

  •   Http: // www. Google. Com/ seni
  •  Http:// www. Google. Com/ music
  •  Http:// www. Google. Com/ seni musi
  • Http:// www. Google.com/ macammacam musi
  •   Http:// www. Google.com/ fungsi music
  • Http:// www. Google.com/ manfaat music
Back to Top